Senin 06 Jun 2022 16:56 WIB

Pertolongan Pertama Jika Jamaah Haji Kakinya Melepuh: Siram Air Dingin

Kaki jamaah haji bisa melepuh jika tak memakai sandal saat ini.

Rep: Achmad Syalabi Ichsan/ Red: Muhammad Hafil
 Pertolongan Pertama Jika Jamaah Haji Kakinya Melepuh: Siram Air Dingin. Foto:  Basri Tasmin Basyir Arif jamaah haji dengan kasus kaki melepuh sudah kembali ke pondok di sektor 1 Madinah pada sore pukul 17.30 WAS. Basri telah ditangani dokter jaga di KKHI Madinah dr Lutfi Abdul Latif
Foto: Republika/Ali Yusuf
Pertolongan Pertama Jika Jamaah Haji Kakinya Melepuh: Siram Air Dingin. Foto: Basri Tasmin Basyir Arif jamaah haji dengan kasus kaki melepuh sudah kembali ke pondok di sektor 1 Madinah pada sore pukul 17.30 WAS. Basri telah ditangani dokter jaga di KKHI Madinah dr Lutfi Abdul Latif

IHRAM.CO.ID, Oleh Achmad Syalabi Ichsan / Wartawan Republika dari Madinah, Arab Saudi

 

Baca Juga

MADINAH -- Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah dr Enny Nuryanti mengungkapkan, seorang jamaah Indonesia mengalami kasus kaki melepuh belum lama ini. Jamaah dengan penyakit bawaan diabetes melitus (DM) tersebut sudah mendapatkan penanganan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Pasien yang bersangkutan pun sudah dipulangkan ke pemondokan semula.

Menurut dia, jamaah dengan penyakit bawaan diabetes melitus memang cenderung tidak merasakan apapun meski kulitnya diterpa panas. Enny pun mengungkapkan, pertolongan pertama terhadap kasus tersebut yakni disiram dengan air. "Pertolongan pertama guyur air dingin, "jelas Enny saat berbincang dengan tim Media Center Haji (MCH), di KKHI Madinah, Senin (6/6/2022).

Untuk upaya preventif, Enny mengimbau agar jamaah membawa sandal dengan tas atau kantong plastik. Menurut dia, jamaah juga bisa mengolesi kaki dengan pelembab agar kaki tidak kekeringan.

Dia menjelaskan, lantai pelataran Masjid Nabawi berbeda dengan Masjidil Haram. Jika Masjidil Haram memiliki lantai porselen, maka Masjid Nabawi hanya dilapisi keramik. Karena itu, lantai dengan bahan keramik, tak mampu menangkal suhu yang panas. Karena itu, Enny meminta agar jamaah jangan sampai lupa mengenakan alas kaki.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement