Jamaah Haji Wanita Harus Ditemani Mahram yang Belum Berhaji dalam 5 Tahun Terakhir

Rabu , 08 Jun 2022, 00:50 WIB Reporter :mgrol135/ Redaktur : Ani Nursalikah
Jamaah Haji Wanita Harus Ditemani Mahram yang Belum Berhaji dalam 5 Tahun Terakhir
Jamaah Haji Wanita Harus Ditemani Mahram yang Belum Berhaji dalam 5 Tahun Terakhir

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan wanita yang ingin melakukan haji tahun ini tidak dapat melakukannya bersama mahram (wali laki-laki) yang telah berhaji dalam lima tahun terakhir.

 

Terkait

 

Baca Juga

Pernyataan kementerian itu muncul setelah beberapa pertanyaan diajukan untuk mencari klarifikasi apakah seorang wanita yang ingin melakukan haji dapat membawa mahram yang sebelumnya telah melakukan ibadah haji. Penambahan mahram yang tidak melakukan haji selama lima tahun sebelumnya merupakan syarat bagi perempuan untuk melakukan haji.

 

Dilansir Saudi Gazette, Ahad (5/6/2022), Kementerian Haji dan Umrah telah mengumumkan dimulainya pendaftaran jamaah haji dalam negeri tahun ini (1443 H/2022) mulai Jumat, 3 Juni dan berlangsung selama sembilan hari hingga Sabtu, 11 Juni 2022.

 

Arab Saudi akan menggunakan undian elektronik dalam mekanisme menentukan jamaah haji domestik. Undian dilakukan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi calon jamaah untuk melakukan haji.

 

Kementerian mengatakan nominator yang memenuhi persyaratan akan dipilih melalui undian elektronik. Hasil undian ini tidak akan memprioritaskan, memiliki kriteria atau pengaturan preferensi tertentu, baik dalam jenis kelamin atau kebangsaan. Pemberitahuan kualifikasi haji 2022 akan dimulai pada Ahad, 12 Juni 2022.

https://saudigazette.com.sa/article/621417/SAUDI-ARABIA/Woman-wishing-to-perform-Hajj-cannot-add-Mahram-performed-Hajj-in-last-5-years

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini