Jamaah Haji Domestik Bisa Ajukan Hingga 15 Pendamping

Kamis , 09 Jun 2022, 12:08 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Ani Nursalikah
Sebuah foto selebaran yang disediakan oleh Kementerian Media Saudi menunjukkan para peziarah berdoa selama Tawaf Al-Ifadah selama ritual simbolis. Jamaah Haji Domestik Bisa Ajukan Hingga 15 Pendamping
Sebuah foto selebaran yang disediakan oleh Kementerian Media Saudi menunjukkan para peziarah berdoa selama Tawaf Al-Ifadah selama ritual simbolis. Jamaah Haji Domestik Bisa Ajukan Hingga 15 Pendamping

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi mengumumkan klarifikasi kebijakan pelaksanaan haji untuk jamaah domestik, Rabu (8/6/2022). Pemohon haji domestik adisebut dapat menambahkan 15 pendamping dalam aplikasinya.

 

Terkait

“Pendaftaran haji sendiri atau bersama para sahabat tidak akan mempengaruhi hasil undian bagi individu untuk haji mendatang,” kata Kementerian Haji dalam sebuah pernyataan, dikutip di Saudi Gazette, Kamis (9/6/2022).

Baca Juga

Kementerian Haji Saudi telah meluncurkan pendaftaran jamaah haji domestik untuk haji 2022 sejak 3 Juni lalu. Dalam keterangannya, Kementerian menginformasikan peziarah individu dapat memastikan kinerja haji dengan teman atau kerabat dalam paket yang sama, sekaligus melalui perusahaan penyedia layanan haji yang sama.

Jika kedua pihak terlanjur mengajukan pemesanan haji secara terpisah, salah satu dari dua pihak harus membatalkan pendaftarannya. Kemudian, kedua pihak harus mendaftar dalam satu permintaan dengan cara menambahkan pendamping pada permintaan yang ada atau permintaan baru yang menyatukan kedua belah pihak.

Calon jamaah haji domestik, termasuk warga Saudi dan ekspatriat, yang berusia tidak lebih dari 65 tahun dapat mendaftar haji melalui aplikasi Eatmarna. Kementerian juga mengatakan prioritas kuota haji akan diberikan kepada mereka yang belum pernah melakukan haji.

Mereka juga harus sudah diimunisasi lengkap sesuai statusnya pada aplikasi Tawakkalna. Hingga berita ini dibuat, tercatat total ada 177 perusahaan jasa haji berlisensi untuk melayani jamaah haji dalam negeri. 

https://saudigazette.com.sa/article/621556/SAUDI-ARABIA/Ministry-of-Hajj-Main-domestic-Hajj-applicant-can-add-15-companions

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini