Kemenag Belitung Imbau Jamaah Calon Haji Jaga Kekompakan Selama di Tanah Suci

Kamis , 09 Jun 2022, 20:56 WIB Redaktur : Nashih Nashrullah
Ilustrasi jamaah haji Indonesia. Kekompakan jamaah haji selama di Arab Saudi sangatlah penting
Ilustrasi jamaah haji Indonesia. Kekompakan jamaah haji selama di Arab Saudi sangatlah penting

IHRAM.CO.ID, BELITUNG— Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau jamaah calon haji dari daerah itu untuk saling menjaga kekompakan selama berada di Tanah Suci.

 

Terkait

"Kami harapkan para jamaah untuk saling menjaga kekompakan selama melaksanakan rangkaian ibadah haji," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Belitung, Suyanto, di Tanjung Pandan, Kamis (9/6/2022).

Baca Juga

Hal ini disampaikan dia dalam kegiatan bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Belitung bagi sebanyak 109 calon haji di daerah itu.

Dia mengatakan bimbingan manasik haji tersebut bertujuan memberikan pembinaan dan pemahaman tentang ketentuan pelaksanaan ibadah haji kepada para calon haji di daerah setempat.

"Materi manasik yang disampaikan antara lain seputar ilmu ibadah haji sehingga para jamaah memiliki pengetahuan dan pemahaman sebelum keberangkatan," katanya.

Selain itu, materi yang disampaikan juga berkenaan dengan regulasi ibadah haji, peran pemerintah daerah dalam pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji, keselamatan dan keamanan diri dalam penerbangan menuju Tanah Suci oleh pihak Angkasa Pura II. Pelaksanaan manasik haji juga diharapkan dapat melahirkan jamaah haji yang mandiri selama berada di Tanah Suci.

"Mereka memiliki pemahaman dan pengetahuan khusus tentang ibadah haji, sehingga di sana mereka dapat mandiri tidak tergantung dengan petugas," ujarnya.

Suyanto menyebutkan 109 calon haji asal daerah itu akan diberangkatkan menuju Arab Saudi pada 27 Juni mendatang. "Alhamdulillah seluruh calon jamaah sudah siap untuk diberangkatkan mereka sudah mengikuti vaksinasi dan terus menjaga kesehatan sebelum keberangkatan," katanya.     

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini