Keutamaan Melaksanakan Ibadah Umroh

Sabtu , 11 Jun 2022, 00:21 WIB Reporter :mgrol135/ Redaktur : Ani Nursalikah
Jamaah umroh sedang melakukan tawaf di Kabah. Keutamaan Melaksanakan Ibadah Umroh
Jamaah umroh sedang melakukan tawaf di Kabah. Keutamaan Melaksanakan Ibadah Umroh

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa keutamaan yang kita raih ketika kita menjalankan ibadah umroh. Keutamaan tersebut banyak disebutkan dalam beberapa hadits yang shahih.

 

Terkait

Di dalam buku Fiqih Umrah karangan Muhammad Ajib diantara keutamaan ibadah umrah tersebut adalah sebagai berikut.

Baca Juga

Menghapus Dosa

Orang yang menjalankan ibadah umroh, maka insya Allah dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam hadits shahih dibawah ini.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu berkata: “Rasulullah SAW bersabda: Dari satu umroh ke umroh yang lainnya menjadi penghapus dosa diantara keduanya. Dan haji yang mabrur tidak ada balasan baginya kecuali surga. (HR. Bukhari dan Muslim)

Doanya Mustajab

Di antara keutamaan yang Rasulullah SAW janjikan untuk mereka yang mengerjakan ibadah umrah adalah jika berdoa maka doanya mustajab atau dikabulkan, dan jika meminta ampunan akan diberikan ampunan oleh Allah SWT.

Dasarnya adalah karena orang yang mengerjakan ibadah umroh tidak lain mereka menjadi tamu Allah SWT. Maka sebagai ’tuan rumah’, pastilah Allah SWT akan memberikan pelayanan yang terbaik buat sang tamu. Dan pemberian yang terbaik adalah berupa dikabulkannya doa serta diterimanya ampunan.

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang tertera dalam kitab hadits: Jamaah haji dan umrah adalah tamu Allah. Allah memanggil mereka lalu mereka pun menyambut panggilan-Nya; jika mereka meminta ampun kepada-Nya maka Dia pun mengampuninya.” (HR. Ibnu Majah).

Umroh Ramadhan Berpahala Haji

Siapapun diantara kita yang melakukan ibadah umroh khusus pada bulan Ramadhan maka dia seolah-olah mendapatkan pahala ibadah haji bersama Rasulullah SAW.

Dalam hal ini Imam An-Nawawi dalam kitab al Majmu Syarh Al-Muhadzdzab menyebutkan sebuah hadits shahih sebagai berikut: “Dari sahabat Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma, Sesungguhnya Nabi SAW bersabda: Umroh pada bulan Ramadhan pahalanya setara dengan haji atau setara dengan haji bersamaku.” (HR Bukhari & Muslim)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini