Tips Hindari Radang Tenggorokan untuk Jamaah Haji

Senin , 13 Jun 2022, 16:20 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Tips Hindari Radang Tenggorokan untuk Jamaah Haji. Foto:   Dokter spesialis telinga hidung tenggorokan (THT) dr. Farida Muhammad SpTHT.
Tips Hindari Radang Tenggorokan untuk Jamaah Haji. Foto: Dokter spesialis telinga hidung tenggorokan (THT) dr. Farida Muhammad SpTHT.

IHRAM.CO.ID,MADINAH--Radang tenggorokan merupakan penyakit atah keluhan jamaah haji yang paling sering terjadi selama berada di tanah suci. Walaupun merupakan penyakit ringan, namun keluhan ini dapat mengurangi kualitas ibadah selama di Tanah Suci.

 

Terkait

Dokter spesialis telinga hidung tenggorokan (THT) dr Farida Muhammad menyampaikan untuk menghindari radang tenggorokan ini, ada beberap tips yang perlu diperhatikan. Di antaranya sebagai berikut.

Baca Juga

Pertama, hindari beraktivitas di ruang terbuka pada siang sampai sore hari. 

Kedua, pakai masker dengan cara yang benar setiap beraktivitas diluar kamar, ke tempat umum dan juga ke masjid

Ketiga, sering minum air putih yg hangat dan sedapat mungkin hindari minuman dingin.

"Jangan tunggu haus," kata Farida saat menyapaikan saran-saran kesehatannya, Senin (13/6/2022).

Keempat, perbanyak konsumsi buah yang berwarna.

Kelima, konsumsi vitamin yang mengandung vitamin C secara teratur.

Keenam, cuci hidung secara teratur pagi dan sore. Suhu ekstrim yang saat ini terjadi dan mengganggu fungsi normal selaput lendir mulai dari hidung hingga ke paru-paru. 

"Dengan memakai masker maka efek yang buruk akibat paparan suhu udara yg ekstrim ini dapat sedikit dikurangi, selain itu dengan masker ini maka udara yang masuk di hidung dan selanjutnya ke tenggorokan dapat disaring baik debu, bakteri dan virusnya," katanya.

Hal ini kata dia, ditunjang lagi dengan prosedur cuci hidung di mana kuman, virus dan debu yang masuk bersama udara tersebut dapat dibersihkan dan fungsi selaput lendir yang terganggu oleh udara panas tadi dapat dipulihkan. Jangan lupa selalu berdoa selalu memohon perlindungan, kesehatan dan keberkahan dari Allah SWT.  

"Jamaah haji Indonesia Sehat , Mabrur  Barakah," katanya.

 

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini