Jamaah Haji Diminta Jangan Kurang Minum

Selasa , 14 Jun 2022, 21:53 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Tetap bermasker: Jamaah haji Indonesia gelombang 1 usai menunaikan ibadah sholat Zuhur berjamaah di Masjid Nabawi, Selasa (14/6). Jamaah tetap mengenakan masker demi mencegah penularan virus Covid-19 meski  tidak ada kewajiban dari pihak Arab Saudi untuk bermasker selama menjalankan ibadah.
Tetap bermasker: Jamaah haji Indonesia gelombang 1 usai menunaikan ibadah sholat Zuhur berjamaah di Masjid Nabawi, Selasa (14/6). Jamaah tetap mengenakan masker demi mencegah penularan virus Covid-19 meski tidak ada kewajiban dari pihak Arab Saudi untuk bermasker selama menjalankan ibadah.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Jamaah calon haji Indonesia diimbau untuk tetap minum yang cukup guna mencegah dehidrasi karena suhu udara di Mekkah, Arab Saudi pada Selasa (14/6) pukul 15.00 Waktu Arab Saudi (WAS) mencapai 46 derajat Celsius.Dari aplikasi cuaca di telepon pintar yang dipantau di Mekkah, menunjukkan cuaca mencapai 46 derajat Celsius, lebih tinggi dibandingkan beberapa hari sebelumnya pada jam yang sama mencapai 42 derajat Celsius.

 

Terkait

Sebelumnya Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Mekkah M Imran Saleh mengingatkan agar jamaah calon haji banyak minum air untuk mencegah dehidrasi karena cuaca panas di Saudi."Kalau perlu pakai payung yang warna terang agar tidak menyerap panas, untuk melindungi dari sengatan matahari," katanya.

Baca Juga

Jika ingin bepergian, jamaah juga perlu menggunakan tabir surya agar menjaga kulit dari sengatan sinar matahari. Selain itu perlu juga membawa perlengkapan agar tidak mengalami heat stroke seperti topi, semprotan air dan air minum.

Petugas Pertolongan Pertama Pada Jamaah Haji (P3JH) Sektor Khusus (seksus) Masjidil Haram dr Yenny Purnama juga mengingatkan agar jamaah calon haji tidak memaksakan diri beribadah terutama yang sunah.Ia juga mengingatkan jamaah haji agar jangan lupa minum dan jangan menunggu haus karena cuaca Mekkah yang panas sama seperti di Madinah.

Cuaca dengan suhu mencapai lebih dari 40 derajat Celsius menyebabkan dehidrasi jika tidak diimbangi dengan minum yang cukup."Satu atau dua jam berikutnya makan kurma dengan harapan membantu menaikkan gula darah," demikian.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini