Jamaah Haji: Layanan di Makkah Mudahkan Fokus Beribadah

Kamis , 16 Jun 2022, 13:08 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Ilustrasi. Jamaah haji Indonesia menyebrang jalan raya dipandu oleh petugas haji di Jalan Taqwa, Misfalah, Makkah. Jamaah Haji: Layanan di Makkah Mudahkan Fokus Beribadah
Ilustrasi. Jamaah haji Indonesia menyebrang jalan raya dipandu oleh petugas haji di Jalan Taqwa, Misfalah, Makkah. Jamaah Haji: Layanan di Makkah Mudahkan Fokus Beribadah

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Jamaah haji Indonesia mengaku puas dengan layanan petugas haji karena fasilitas yang disediakan di Tanah Suci, mulai dari akomodasi, katering hingga transportasi memudahkan jamaah untuk fokus beribadah.

 

Terkait

"Makanannya baik disini, fasilitas alhamdulillah bagus semua. Kami merasa nyaman," kata Mu'ayanah dari kloter 1 Embarkasi Solo (SOC) 1 asal Pati, Jawa Tengah, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga

Menurut Mu'ayanah, akomodasi yang disediakan sangat layak untuk mereka berlima di kamar 1105 hotel Kiswah Tower di Sektor 4 Jarwal, Makkah. Tempat tidur yang disediakan nyaman, begitu juga dengan satu kamar mandi yang tersedia cukup untuk mereka berlima.

Begitu pula dengan makanan yang disiapkan dalam waktu tiga kali makan, yaitu pagi, siang dan malam, cita rasanya sesuai selera. "Makanannya enak, tidak habis bukan karena tidak dimakan, porsinya terlalu banyak buat saya," kata Mu'ayanah.

Kenyamanan juga dirasakan Zumrotun, jamaah haji dari daerah yang sama dengan Mu'ayanah. "Nyaman sekali disini, cocok dengan makanannya. Alhamdulillah, saya bersyukur bisa ibadah haji tahun ini setelah penantian 11 tahun," kata Zumrotun.

Begitu pula dengan Juniar, jamaah haji dari kloter 1 Embarkasi Padang (PDG) 1 asal Kota Padang. Ia mengatakan layanan yang diberikan sangat baik. "Semuanya baik, cuma bagi kami yang dari Padang ini suka makanan yang pedas, jadi kami bawa sambal sendiri dari rumah," katanya.

Dari segi jarak hotel di Jarwal ke Masjidil Haram juga cukup dekat sekitar 1,4 Km. Jamaah tidak perlu berjalan kaki karena telah tersedia layanan bus shalawat yang siap mengantar dari hotel ke Masjidil Haram dan sebaliknya beroperasi selama 24 jam.

Kepala Seksi akomodasi Daerah Kerja (Daker) Makkah Ali Machzumi mengatakan jamaah haji diberikan layanan standar hotel bintang lima. Berbagai fasilitas yang disiapkan, seperti tempat tidur, handuk, peralatan mandi, kulkas dan disiapkan air minum. Setiap kamar juga dilengkapi dengan pendingin ruangan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini