Kamis 16 Jun 2022 18:58 WIB

Seorang Jamaah Asal Aceh Meninggal di Pesawat

Jamaah haji yang wafat di pesawat sempat mengalami mual dan muntah

Rep: Syalaby Ichsan/ Red: Nashih Nashrullah
Kadaker Bandara Haryanto, menyatakan jamaah haji wafat di pesawat menunjukkan gelaja awal.
Foto: dok. istimewa
Kadaker Bandara Haryanto, menyatakan jamaah haji wafat di pesawat menunjukkan gelaja awal.

Oleh A Syalaby Ichsan, dari Madinah Arab Saudi 

IHRAM.CO.ID, MADINAH – Seorang jamaah atas nama Muslim Abdul Wahab Salam (52 tahun) berasal dari Embarkasi Banda Aceh (BTJ-1) meninggal dunia saat hendak landing dari pesawat pada Rabu (15/6) dini hari WAS.

Baca Juga

Kepala Seksi Kesehatan Daker Bandara PPIH Arab Saudi dr Agus Sultoni menjelaskan, jamaah tersebut meninggal 15 menit sebelum pesawat Garuda Indonesia bernomor penerbangan GA 2101 mendarat di Bandara Prince Mohamed bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah pada pukul 05.05 WAS.

Agus menjelaskan, jamaah itu mengalami kelelahan. "Saat dilihat riwayat penyakitnya itu yang bersangkutan punya riwayat jantung. Jadi ada kemungkinan karena gangguan irama jantung," ujar Agus saat dihubungi Tim MCH melalui sambungan telepon, Rabu (15/6/2022).

Berdasarkan keterangan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang mendampingi, dia menjelaskan, jamaah tersebut mengeluhkan mual hingga muntah-muntah. Jamaah itu kemudian diinfus TKHI yang bersangkutan.

Setelah diobservasi dan mendapatkan penanganan, dia menjelaskan, kondisi jamaah semakin memburuk. "Kondisi jamaah memburuk kemudian meninggal di pesawat," jelas dia.

Kadaker Bandara, Haryanto, menjelaskan almarhum kemudian dibawa ke Rumah Sakit Miqat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Menurut dia, jenazah akan ditangani oleh pihak muasasah setempat. "Ketentuan dari pihak Arab Saudi memang dimakamkan di sini (Arab Saudi)," ujar dia.

Hingga Rabu (15/6), sudah ada empat jamaah haji Indonesia yang meninggal dunia. Mereka adalah Suhati Rahmat Ali Embarkasi JKG-1, Bangun Lubis Wahid Embarkasi PDG-4, Bawuk Karso Samirun Embarkasi SUB-4, dan uslim Abdul Wahab Salam Embarkasi BTJ-1 (meninggal di pesawat sebelum landing). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement