Jumat 17 Jun 2022 17:45 WIB

Kelompok Pertama Jamaah Haji Pakistan Tiba di Arab Saudi

Kelompok pertama jamaah haji Pakistan tiba di Kerajaan Saudi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Calon jamaah haji Pakistan
Foto: The Express Tribune
Calon jamaah haji Pakistan

IHRAM.CO.ID,  JEDDAH -- Kelompok pertama jamaah haji Pakistan tiba di Kerajaan Saudi, Kamis (16/6/2022). Kelompok ini mendapat layanan 'Rute Makkah' dan tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz dari Islamabad.

Kehadiran mereka disambut langsung oleh perwakilan instansi yang terlibat dalam pelaksanaan inisiatif tersebut. Kementerian Dalam Negeri Saudi baru-baru ini meluncurkan kembali inisiatif "Rute Makkah", yang memberi jamaah dari beberapa negara akses ke beberapa fasilitas, termasuk menyelesaikan prosedur terkait haji di negara asal mereka.

Baca Juga

Inisiatif ini, yang dimulai dengan uji coba pada 2017, mencakup peziarah dari Pakistan, Malaysia, Indonesia, Maroko dan Bangladesh.

Dilansir di Gulf News, Jumat (17/6/2022), fasilitas yang ditawarkan kepada jamaah haji di beberapa negara tersebut antara lain penerbitan visa elektronik di rumah, penyelesaian prosedur pembuatan paspor, serta penandaan dan pemilahan barang bawaan di bandara keberangkatan.

Dengan demikian, setibanya di Arab Saudi, para peziarah tersebut langsung menuju tempat tinggal mereka di kota suci Makkah dan Madinah, sementara barang bawaan mereka nanti akan diantarkan langsung ke lokasi akomodasi.

Arab Saudi telah mengatakan akan mengizinkan 1 juta peziarah dari dalam dan luar kerajaan untuk melakukan haji tahun ini. Keputusan ini diumumkan setelah membatasi ritual tahunan hanya beberapa ribu Muslim yang tinggal di dalam negeri, selama dua tahun terakhir karena pandemi.

Peziarah yang akan menjalani haji tahun ini harus memenuhi syarat berusia di bawah 65 tahun, divaksinasi penuh terhadap Covid-19 dan menunjukkan hasil tes PCR negatif dari sampel yang dikumpulkan dalam waktu 72 jam dari keberangkatan ke kerajaan.

Sebelum pandemi, sekitar 2,5 juta Muslim dari seluruh dunia biasa menghadiri haji di Arab Saudi setiap tahunnya.  

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement