Rombongan Haji Pertama dengan Kapal Tiba di Pelabuhan Jeddah

Sabtu , 18 Jun 2022, 10:27 WIB Reporter :Imas Damayanti/ Redaktur : Ani Nursalikah
Rombongan haji pertama yang melakukan perjalanan dengan kapal tiba di Pelabuhan Jeddah dari Sudan, Jumat (17/6/2022).
Rombongan haji pertama yang melakukan perjalanan dengan kapal tiba di Pelabuhan Jeddah dari Sudan, Jumat (17/6/2022).

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Rombongan haji pertama yang melakukan perjalanan dengan kapal tiba di Pelabuhan Jeddah dari Sudan. Dilansir di Saudi Gazette, Sabtu (18/6/2022), rombongan haji pertama yang melakukan perjalanan dengan kapal tiba di Jeddah dari Sudan, Jumat (17/6/2022). 

 

Terkait

Menurut Jeddah Islamic Port, sebanyak 1.519 jamaah perempuan dan laki-laki dari kapal Amana diterima Dirjen Pelabuhan Eng. Majed bin Rafed Al-Arqoubi dan sejumlah pejabat senior pemerintah yang turut menyambut mereka. Mereka disambut dengan rangkaian bunga mawar dan juga cenderamata. 

Baca Juga

Dalam sambutannya pada kesempatan tersebut, Presiden Otoritas Pelabuhan Omer bin Talal Hariri mengatakan bahwa semua tindakan yang diperlukan telah diambil oleh otoritas untuk menerima jamaah haji jalur laut untuk membuat perjalanan mereka nyaman. 

Dia juga menyampaikan peluncuran lima terminal baru dan penambahan 54 loket di terminal kedatangan di dalam pelabuhan? Sehingga jumlah loket menjadi 74; empat perangkat pemeriksaan yang berafiliasi dengan Penjaga Perbatasan yang bertujuan untuk mengurangi waktu dan tenaga; dan menambah jumlah bus di tempat parkir menjadi 19 dari delapan. 

Dilansir di Arab News, Direktur jenderal pelabuhan, Presiden Otoritas Pelabuhan Saudi Omar Hariri mengatakan pihak berwenang telah mengambil semua langkah untuk meningkatkan kesiapannya menerima jamaah haji dan meningkatkan tingkat efisiensi dan kinerjanya untuk segala hal yang akan menyelesaikan prosedur penerimaan jamaah haji dan penanganan bagasi. 

"Kami telah meluncurkan inisiatif pembangunan sejalan dengan Strategi Nasional Transportasi dan Logistik dan Visi 2030 dengan melengkapi lima terminal penumpang untuk kedatangan dan keberangkatan, memanfaatkan semua layanan untuk memfasilitasi masuk dan docking kapal, dan mendukung upaya nasional selama haji tahun ini," kata dia. 

Hal ini dinilai juga telah bekerja menyediakan layanan kesehatan primer di dalam pelabuhan dengan merehabilitasi klinik medis dan melengkapi ambulans canggih untuk mengangkut orang yang membutuhkan perawatan di rumah sakit. Yakni dengan mempertimbangkan proses pengangkutan peziarah dari dermaga ke ruang kedatangan dengan bus dan mengalokasikan jumlah yang cukup kendaraan untuk transfer bagasi. 

Jamaah haji yang tiba melalui jalur laut di pelabuhan Jeddah mengungkapkan kebahagiaannya dengan sambutan hangat yang mereka alami serta kelancaran dan kemudahan penyelesaian prosedur kedatangan mereka. Mereka mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Saudi atas minat dan kepeduliannya terhadap jamaah haji yang datang dari seluruh penjuru dunia untuk menunaikan ibadah haji, memuji organisasi dan pengelompokan yang baik.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini