Senin 20 Jun 2022 13:33 WIB

WHO: Miliaran Orang Hidup dengan Masalah Kesehatan Mental

Perubahan iklim dapat mempengaruhi kesehatan mental.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Warga beraktivitas dengan latar belakang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (16/6/2022). WHO: Miliaran Orang Hidup dengan Masalah Kesehatan Mental
Foto:

Laporan tersebut menuntut semua negara untuk mempercepat implementasi rencana aksi kesehatan mental komprehensif 2013–2030. Dikatakan kemajuannya lambat, mengungkapkan bahwa 45 persen negara melaporkan pada 2013 mereka memiliki kebijakan dan rencana kesehatan mental yang selaras dengan instrumen hak asasi manusia, tetapi meskipun ada rencana aksi untuk mencapai 80 persen pada tahun 2030 hanya 51 persen sejauh ini.

“Kantong kemajuan yang dicapai selama dekade terakhir membuktikan bahwa perubahan itu mungkin,” kata laporan itu.

“Tetapi perubahan tidak terjadi cukup cepat, dan kisah kesehatan mental tetap menjadi salah satu kebutuhan dan pengabaian. Selama beberapa dekade kesehatan mental telah menjadi salah satu bidang kesehatan masyarakat yang paling diabaikan, menerima sebagian kecil dari perhatian dan sumber daya yang dibutuhkan dan layak.”

Hal tersebut membuat beberapa rekomendasi untuk dilakukan, yang dikelompokkan ke dalam tiga jalan menuju transformasi yang berfokus pada perubahan sikap terhadap kesehatan mental, mengatasi risiko terhadap kesehatan mental dan memperkuat sistem perawatan untuk kesehatan mental.

Ini membuat negara dan organisasi untuk bekerja sama untuk memperdalam nilai dan komitmen yang diberikan untuk kesehatan mental, membentuk kembali lingkungan yang mempengaruhi kesehatan mental dan memperkuat sistem yang peduli untuk kesehatan mental masyarakat.

Direktur departemen kesehatan mental dan penggunaan zat WHO Devora Kestel telah mengajukan perubahan. “Setiap negara memiliki banyak kesempatan untuk membuat kemajuan yang berarti menuju kesehatan mental yang lebih baik bagi penduduknya,” ucapnya.

“Jika itu memang membuat kebijakan dan undang-undang kesehatan mental yang lebih kuat, termasuk kesehatan mental dalam rencana asuransi, mengembangkan atau memperkuat layanan kesehatan mental masyarakat, atau mengintegrasikan kesehatan mental ke dalam perawatan kesehatan umum, sekolah, dan penjara, banyak contoh dalam laporan ini menunjukkan bahwa perubahan strategis dapat membuat perbedaan yang signifikan.”

 

https://www.thenationalnews.com/health/2022/06/16/billion-people-living-with-mental-health-problems-says-who-in-landmark-report/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement