Stasiun AC Sentral Masjid Nabawi Pastikan Jamaah Nyaman dan Betah Beribadah

Selasa , 21 Jun 2022, 17:16 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Ani Nursalikah
Pendingin udara atau AC di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Stasiun AC Sentral Masjid Nabawi Pastikan Jamaah Nyaman dan Betah Beribadah
Pendingin udara atau AC di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Stasiun AC Sentral Masjid Nabawi Pastikan Jamaah Nyaman dan Betah Beribadah

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Arab Saudi memanfaatkan teknologi terbaik untuk sistem pelayanan di Masjid Nabawi beserta fasilitasnya. Salah satunya adalah AC sentral yang dipasang sebagai bentuk kepedulian terhadap pengunjung masjid untuk melakukan sholat dengan nyaman. 

 

Terkait

 

Baca Juga

Stasiun AC sentral di Masjid Nabawi adalah salah satu proyek infrastruktur teratas yang dilaksanakan untuk kenyamanan jamaah dan menyediakan atmosfer yang layak bagi pengunjung. Stasiun pusat dibangun dengan cara yang sesuai dengan faktor alam, sehingga bekerja dengan variabel suhu tinggi di musim panas dan jumlah jamaah yang besar selama musim Ramadhan dan haji.

 

Dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (21/6/2022), stasiun ini terletak tujuh kilometer dari Masjid Nabawi dengan luas total sekitar 70 ribu meter persegi. Stasiun ini memiliki konsentrator terbesar untuk mendinginkan air di dunia dengan enam pendingin berkapasitas masing-masing 3.400 ton. 

 

Teknologi terbaru digunakan untuk mendistribusikan air masuk dari stasiun secara akurat dan otomatis untuk mencapai 151 unit pengolahan udara untuk distribusi dan pendinginan. Masjid didinginkan dengan udara yang dipompa melalui pipa-pipa yang terhubung dengan tiang-tiang masjid dengan tujuan menyelesaikan siklus pendinginan air yang kembali melalui pipa-pipa terisolasi untuk mencapai stasiun pusat untuk menyelesaikan proses pendinginan.

 

Badan Pembantu Operasi dan Pemeliharaan di Direktorat Jenderal Urusan Masjid Nabawi mengawasi pengoperasian pendinginan dan semua pemeliharaan terkait dan pekerjaan terkait lainnya. Proses pengawasan dilakukan oleh personel yang berkualitas yang terdiri dari puluhan insinyur dan teknisi nasional yang bekerja untuk melaksanakan pekerjaan pemeliharaan, renovasi dan pengembangan untuk semua sistem di masjid. Mereka menindaklanjuti perangkat AC untuk memastikan mereka beroperasi dengan baik dan dengan efisiensi tinggi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini