Berikan Jatah Haji ke Petugas, Ridwan Kamil Malah Jadi Tamu Kerajaan Saudi

Kamis , 23 Jun 2022, 00:05 WIB Reporter :Arie Lukihardianti/ Redaktur : Ani Nursalikah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Berikan Jatah Haji ke Petugas, Ridwan Kamil Malah Jadi Tamu Kerajaan Saudi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Berikan Jatah Haji ke Petugas, Ridwan Kamil Malah Jadi Tamu Kerajaan Saudi

IHRAM.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil tahun ini akan naik haji bersama keluarganya memenuhi undangan kerajaan Arab Saudi. Menurut Ridwan Kamil, ia dan keluarganya akan menunaikan ibadah haji awal Juli ini.

 

Terkait

Ridwan Kamil akan menjadi Amirul Hajj untuk rombongan jamaah haji asal Jabar. Rencananya ia akan berangkat ke Saudi pada awal Juli nanti. Ia akan memimpin 17 ribu jamaah haji Jabar.

Baca Juga

"Saya kemungkinan akan jadi Amirul Hajj, berangkat memimpin haji Jabar yang jumlahnya ada 17 ribu di awal Juli," ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Rabu (22/6/2022).

Keberadaan Amirul Hajj merupakan ketentuan yang diberlakukan Pemerintah Saudi kepada setiap negara yang mengirimkan jamaah haji. Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil menjelaskan, menjadi Amirul Hajj merupakan rutinitas kedinasan yang harus dijalani. Namun, untuk tahun ini biaya keberangkatannya ia berikan kepada pendamping haji yang belum pernah berangkat haji.

"Tadinya saya Amirul Hajj lewat dinas, tapi saya ikhlaskan. Saya kasih ke pendamping haji yang belum pernah berangkat haji," katanya.

Ternyata, menurut Emil, ia akan tetap menjadi Amirul Hajj Jabar, namun seluruh biayanya kini ditanggung oleh Kerajaan Arab Saudi. Emil mendapatkan undangan khusus dari Kerajaan Arab Saudi sebagai tamu.

"Iya saya dapat rezeki, dikasih gantinya sama Kerajaan Arab Saudi, jadi tamu. Saya sebagai gubernur  akan menggunakan kesempatan ini sekalian mengunjungi  jamaah selayaknya Amirul Hajj Jawa Barat," katanya.

Bahkan, istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya, dan putrinya Camillia Laetitia Azzahra juga diundang Kerajaan Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. "Yang harusnya saya saja, kerajaan Saudi berbaik hati ngasih ke saya, istri sama Zara. Jadi kami pergi haji dengan keluarga dengan anggaran dari Kerajaan (Arab Saudi)," katanya.

Saat ditanya apakah Zara umurnya dibawah 18 tahun, Emil mengatakan sudah lewat 18 tahun. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini