Arab Saudi Luncurkan Berbagai Persiapan untuk Layani Jamaah Haji

Kamis , 23 Jun 2022, 04:39 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Ani Nursalikah
Presiden dari Presidensi Umum Dua Masjid Suci yang juga Imam Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi Sheikh Abdulrahman Al-Sudais. Arab Saudi Luncurkan Berbagai Persiapan untuk Layani Jamaah Haji
Presiden dari Presidensi Umum Dua Masjid Suci yang juga Imam Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi Sheikh Abdulrahman Al-Sudais. Arab Saudi Luncurkan Berbagai Persiapan untuk Layani Jamaah Haji

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, Arab Saudi menyebut telah memobilisasi berbagai sumber daya Kerajaan untuk melayani jamaah haji. Lembaga itu mengonfirmasi kesiapannya menerima satu juta peziarah. Kepresidenan mengatakan mereka telah memobilisasi 10 ribu karyawan pria atau wanita untuk melayani jamaah.

 

Terkait

Presiden Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci Sheikh Abdulrahman Al-Sudais meluncurkan rencana tersebut di hadapan Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah dan Direktur Direktorat Jenderal Keamanan Publik  Letnan Jenderal Mohammed Abdullah Al-Bassami. “Alhamdulillah, dipastikan dua musim haji selama dua tahun terakhir bebas dari kasus epidemi di dalam Dua Masjid Suci,” kata Al-Sudais, dilansir dari About Islam, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga

Dia menambahkan lingkungan Masjidil Haram adalah yang paling steril di seluruh dunia sehingga persiapan terkait kesehatan sangat terjamin. Haji adalah peristiwa penting dalam kalender Islam karena jutaan Muslim berkumpul setiap tahun di kota Makkah, Arab Saudi untuk melakukan perjalanan seumur hidup. 

Ritual, yang sangat terpengaruh oleh pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir, kembali pada 2022 setelah Saudi mengumumkan menyambut satu juta peziarah tahun ini. Menurut perhitungan, haji 2022 akan dimulai pada Jumat, 8 Juli, dan akan berlanjut hingga Selasa, 12 Juli 2022. 

Sheikh Al-Sudais menegaskan kepresidenan dua masjid suci telah meluncurkan aplikasi pintar dan platform elektronik yang akan memfasilitasi dan memperkaya pengalaman pengunjung. Peziarah dan pengunjung akan memasuki Masjidil Haram melalui Gerbang Raja Abdulaziz, Gerbang Raja Fahd, dan Gerbang Bab Al-Salam.

Sementara, jamaah akan menggunakan total 144 gerbang. Relawan dan karyawan juga akan mendistribusikan sekitar satu juta botol Zamzam di tempat-tempat suci setiap hari.

Al-Sudais mengatakan mereka menyediakan 2.000 kendaraan listrik untuk melayani orang tua dan penyandang cacat, selain menyediakan 500 staf teknik. Khutbah Arafah  juga akan diterjemahkan ke dalam 10 bahasa yang berbeda.

Kantor berita resmi SPA melaporkan pihak berwenang sejauh ini telah mendaftarkan total 172.562 peziarah yang telah melakukan perjalanan dari seluruh dunia ke Madinah, Arab Saudi menjelang haji tahun ini, Selasa (21/6/2022).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini