Kamis 23 Jun 2022 05:35 WIB

Arkeolog Israel Temukan Salah Satu Masjid Tertua di Dunia

Salah satu masjid tertua di dunia ditemukan arkeolog Israel.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Muhammad Hafil
Salah satu masjid tertua di dunia yang ditemukan arkeolog Israel.
Foto: Israel Antiquities Authority
Salah satu masjid tertua di dunia yang ditemukan arkeolog Israel.

IHRAM.CO.ID,YERUSALEM -- Arkeolog Israel telah menemukan sisa-sisa bangunan sebuah masjid di kota gurun Naqab, Rahat, yang diyakini sebagai salah satu yang tertua di dunia.  Pejabat dari Israel Antiquities Authority (IAA) mengatakan, penemuan ini menyoroti transisi kawasan dari Kristen ke Islam.

Menurut Times of Israel, sisa-sisa bangunan masjid tersebut diperkirakan berusia lebih dari 1.200 tahun. Sisa bangunan ini ditemukan selama pekerjaan untuk membangun lingkungan baru di Rahat.

Baca Juga

“Sisa bangunan berbentuk ruangan persegi dan dinding menghadap ke arah Makkah dengan ceruk setengah lingkaran di dinding itu mengarah ke selatan. Fitur arsitektur yang unik ini menunjukkan bahwa bangunan itu digunakan sebagai masjid," ujar pernyataan IAA, dilansir Middle East Monitor, Kamis (23/6/2022).

Para arkeolog Israel juga menemukan sebuah bangunan perkebunan mewah. Dalam bangunan tersebut, ada sisa-sisa peralatan makan dan artefak kaca yang menunjukkan kekayaan penghuninya.  Situs ini berisi masjid lain, yang berasal dari abad ketujuh hingga kedelapan Masehi.

"(Sisa-sisa bangunan) menunjukkan proses sejarah yang terjadi di Negev utara dengan pengenalan agama baru, agama Islam, termasuk penguasa dan budaya baru di wilayah tersebut. Bangunan ini didirikan secara bertahap, mewarisi pemerintah Bizantium sebelumnya dan agama Kristen yang memegang kekuasaan atas tanah ini selama ratusan tahun," kata pernyataan IAA.

IAA menambahkan, masjid-masjid yang digali di Rahat akan dipertahankan di lokasi mereka saat ini. Bangunan ini dapat dijadikan sebagai monumen bersejarah atau sebagai tempat ibadah yang aktif. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement