Kompetisi Makkah Createathon Ditutup

Kamis , 23 Jun 2022, 08:48 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Kompetisi Makkah Createathon Ditutup. Foto:   Jamaah haji Indonesia yang telah bergeser ke Makkah dari Madinah melaksanakan umrah wajib di Masjidil Haram, Rabu (15/6).
Kompetisi Makkah Createathon Ditutup. Foto: Jamaah haji Indonesia yang telah bergeser ke Makkah dari Madinah melaksanakan umrah wajib di Masjidil Haram, Rabu (15/6).

IHRAM.CO.ID,MAKKAH — Makkah Createathon yang berlangsung selama empat hari telah ditutup pada Selasa (23/6/2022). Ini adalah sebuah kompetisi yang menantang para peserta melahirkan ide-ide kreatif dalam membuat hadiah dan suvenir bagi para peziarah Makkah khususnya bagi jamaah haji dan umroh. Makkah Createathon diturup dengan pengumuman pemenang. 

 

Terkait

Seperti dilansir Arab News pada Kamis (23/6/2022) acara yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang dan Industri Makkah ini diikuti 100 peserta. Hadiah pertama senilai 20 ribu riyal Saudi  diberikan kepada tim yang dipimpin oleh Alaa Zaatari untuk sebuah sovenir  The Laden Ship, yakni permainan papan untuk pemain dari segala usia yang dirancang untuk mempromosikan nilai-nilai Islam dan memperkaya moral.

Baca Juga

Hadiah kedua, senilai 10 ribu riyal saudi diberikan kepada tim yang dipimpin Sarah Al Numan yang berhasil membuat suvenir siwak elektronik, atau tongkat pembersih gigi. Sebuah tim yang dipimpin oleh Areej Abdul Majeed mendapatkan hadiah ketiga 5,000 riyal Saudi untuk suvenir Memory of a Lifetime Journey yaitu sebuah papan magnet di mana pengunjung ke kota-kota suci dapat merekam dan menampilkan kenangan dan perasaan dari perjalanan mereka. Juri memberikan penghargaan kepada 21 tim lainnya dengan penghargaan insentif sebagai pengakuan atas proyek kreatif dan berkualitas mereka. Sponsor 

Perusahaan Teknologi Wadi Makkah dan Al Makan mengumumkan bahwa mereka akan membantu dalam pengembangan ide-ide peserta. Al Makan menyediakan bagi riga pemenang tersebut ruang kantor lengkap selama sebulan di Pusat Kewirausahaan dan Bisnis Makkah, sementara Wadi Makkah mensponsori proyek selama tiga bulan.

Ketua dewan direksi di MCCI, Hisham Kaaki mengatakan bahwa kamar tersebut ingin mendukung semua upaya yang melayani komunitas bisnis lokal, sejalan dengan tujuan strategi pembangunan Makkah dan agenda pengembangan dan diversifikasi Vlvisi Kerajaan 2030, dengan membentuk kemitraan konstruktif dan inisiatif pendukung yang mendorong kaum muda untuk mengembangkan ide-ide kreatif di berbagai bidang yang membantu meningkatkan profil dan reputasi Makkah.

"Integrasi, kerja sama, dan kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta telah menghasilkan acara intelektual dan kreatif ini. Semua proyek ini mendukung produksi lokal dan akan memperkuat sektor hadiah dan suvenir, dan menekankan inovasi komunitas kami dan patriotisme yang ditunjukkan oleh banyak akademisi dan profesional yang secara sukarela berpartisipasi dalam komite bimbingan.” Kata anggota dewan MCCI dan supervisor umum Pusat Studi dan Penelitiannya Mohammed Burhan Seifeddine

Dia menambahkan bahwa sponsor proyek Wadi Makkah selama tiga bulan akan membantu pengembangan mereka saat mereka bergerak menuju peluncuran yang sukses. 

Selama empat hari penyelenggaraan Makkah Createathon, para peserta mendapatkan bimbingan dan saran dari para ahli di beberapa bidang, termasuk teknologi, informasi, desain, pemasaran dan seni, untuk membantu mereka mengembangkan dan menyempurnakan ide-ide mereka dan mengubahnya menjadi produk yang berpotensi komersial secara konsisten dengan tujuan dan pekerjaan MCCI. Sementara itu, sejumlah perajin lokal memamerkan karyanya dalam pameran yang mengiringi acara penutupan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini