Dengan layar sentuh 21 inci, wajah robot AI melaju di sekitar masjid dan membantu menjawab pertanyaan dan memberikan panduan tentang berbagai ritual wajib yang harus dilakukan jamaah. Kepresidenan bertujuan mendistribusikan tiga juta botol air Zamzam sehari di Masjidil Haram, dan satu juta botol di tempat-tempat suci selama haji.
Selama musim umroh tahun lalu, robot beroperasi di lokasi antara jam 8 pagi dan jam 5 sore untuk membagikan air kemasan zamzam. Kompleks lounge haji dan umroh di Bandara Internasional King Abdulaziz telah dilengkapi dengan 20 lounge ber-AC untuk menyediakan ruang tunggu yang nyaman bagi jamaah. Setiap ruang tunggu dapat menampung 300 penumpang.
Terdapat 116 halte, dan tempat parkir mobil dapat menampung 26 penumpang pesawat secara bersamaan. Ada pusat kesehatan yang lengkap dan tiga tim ambulans Bulan Sabit Merah Saudi 24 jam. Ada kapasitas untuk 45.000 penumpang per hari.
Maskapai Saudia telah meluncurkan layanan bagasi baru untuk jamaah yang bepergian dengan penerbangan internasional. Penumpang Saudia dapat menggunakannya secara gratis, dengan akses melalui WhatsApp dan email.
Layanan ini mengumpulkan bagasi dari akomodasi jamaah di Makkah dan Madinah 24 jam sebelum keberangkatan mereka dan mengirimkannya ke bandara yang benar sebelum kedatangan mereka. Awal bulan ini, Kementerian Informasi meluncurkan logo resmi musim haji tahun ini.
Logo visual haji terdiri dari empat lingkaran berwarna hijau, dengan kubus hitam di tengahnya, melambangkan Ka'bah, dengan slogan, dari Alquran: "Masuklah dengan tenang (keselamatan)".
Haji diperkirakan akan dimulai pada 7 Juli. Ziarah memakan waktu tiga hari, tetapi sebagian besar peziarah memperpanjang masa tinggal mereka untuk berdoa di kota-kota suci Makkah dan Madinah.
https://www.thenationalnews.com/gulf-news/2022/06/21/hajj-2022-new-technology-to-benefit-pilgrims/