Jumat 24 Jun 2022 02:35 WIB

Saudi Belum Keluarkan Visa Furoda, Muslim Malaysia Diminta Waspada Penipuan

Visa furoda biasanya dikeluarkan pada saat terakhir berdasarkan slot yang tersedia.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Calon jamaah haji Malaysia. Saudi Belum Keluarkan Visa Furoda, Muslim Malaysia Diminta Waspada Penipuan
Foto:

Untuk mengekang kegiatan penipuan, Syed Saleh juga mengingatkan individu atau perusahaan untuk tidak terus menawarkan paket seperti itu karena melanggar Undang-Undang TH, untuk mengiklankan atau melakukan haji tanpa izin dari TH.

Umat Islam harus ekstra hati-hati, karena mereka mungkin akan telantar. Mereka akan mengalami masalah ketika mereka telah melakukan pembayaran untuk paket dan akhirnya tidak dapat pergi karena visanya palsu atau tidak dikenal.

“Kami juga mengetahui banyak yang tertipu dengan skema dan iklan seperti itu, jadi harap berhati-hati,” kata Syed Saleh yang menyarankan warga Malaysia untuk memilih 20 agen perjalanan yang telah ditunjuk oleh TH sebagai Penyelenggara Haji (PJH).

Perusahaan PJH menyediakan berbagai paket RM 35 ribu ke atas dan itu adalah kuota yang didapat untuk TH dan Malaysia. Sementara itu, berdasarkan cek yang dilakukan Bernama di media sosial, ditemukan promosi terkait visa furada sedang berjalan lancar dan pihak yang dihubungi berjanji para peziarah akan berangkat pada 5 Juli.

Jawaban mereka terkesan meragukan karena Arab Saudi telah menetapkan penerbangan terkait haji terakhir pada 4 Juli, belum lagi semakin dekat dengan Hari Wukuf. Perusahaan yang dihubungi melalui aplikasi Whatsapp juga mengatakan menargetkan 80 orang dengan paket RM 38 ribu (Rp 127 juta) hingga RM 56 ribu (Rp 188 juta) dan meminta pembayaran di muka RM 15 ribu (Rp 50 juta) secara langsung, dikabarkan untuk urusan visa di Kedutaan Besar Arab Saudi.

Meski meminta uang jaminan, perwakilan perusahaan bersikeras kesempatan untuk pergi ke Tanah Suci hanya 50-50. Jika gagal, uang akan dikembalikan tanpa batas waktu atau pemohon dapat mengajukan keluhan kepada pihak berwenang berdasarkan tanda terima.

Bagi yang sudah melakukan pembayaran visa furoda disarankan untuk melakukan pengecekan lebih lanjut dan seperti yang dikatakan Syed Saleh, ada kemungkinan pembayaran yang dilakukan akan hilang begitu saja.

https://www.bernama.com/en/general/news.php?id=2093737

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement