Makkah Transport Sediakan Enam Rute Bus Selama Musim Haji

Jumat , 24 Jun 2022, 10:40 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Ani Nursalikah
Sebanyak 400 bus buatan Jerman akan melayani jaringan transportasi umum di kota suci Makkah pada tahap pertama. Ilustrasi. Makkah Transport Sediakan Enam Rute Bus Selama Musim Haji
Sebanyak 400 bus buatan Jerman akan melayani jaringan transportasi umum di kota suci Makkah pada tahap pertama. Ilustrasi. Makkah Transport Sediakan Enam Rute Bus Selama Musim Haji

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Pusat Transportasi Terpadu di Makkah (Transportasi Makkah) dari Komisi Kerajaan untuk Kota Makkah dan Situs Suci mengumumkan pengoperasian enam rute bus selama musim haji.

 

Terkait

Pengumuman tersebut disampaikan bersamaan dengan pemberitahuan tentang rencana operasional Unified Center Proyek Bus Makkah untuk musim haji 1443 H. Pusat Transportasi Makkah mengatakan enam rute (rute 12, 9, 8, 7, 6, 5) akan terus beroperasi di kota.

Baca Juga

Selain itu, mereka juga akan memfasilitasi transfer jamaah dari luar Makkah yang kendaraannya tidak diizinkan memasuki tempat-tempat suci. Dilansir di Saudi Gazette, Jumat (24/6/2022), mereka juga menyebut sebanyak lima halte yang diperuntukkan untuk mengangkut jamaah juga telah diidentifikasi.

Halte ini antara lain: parkir Sharaya dan Al Hada, yang akan menuju ke terminal bus Shaeb Aamir; serta parkir Al Takhassusi, Al Nawariya dan Al Laith, yang akan menuju ke stasiun Jabal Al-Ka'bah. The Unified Center mengatakan bus ini dicirikan oleh sistem hidrolik, yang berkontribusi memfasilitasi proses naik bagi penyandang cacat dan orang tua.

Tak hanya itu, bus tersebut juga dilengkapi dengan beberapa pengaman yang melindungi penumpang. Fasilitas yang dimaksud adalah pengamanan kebakaran, sistem perlindungan, pertolongan pertama, kamera pengawas, sistem anti tabrakan, serta layar informasi elektronik.

https://saudigazette.com.sa/article/622154/SAUDI-ARABIA/Makkah-Transport-approves-6-bus-routes-during-Hajj-season

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini