Seluruh Calhaj Kloter Pertama Sumsel Bebas dari Covid-19

Jumat , 24 Jun 2022, 18:05 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Ilustrasi. Calon jamaah haji kloter pertama embarkasi Palembang menunggu giliran pembagian paspor di Asrama haji Palembang, Sumsel, Sabtu (6/7/2019). Seluruh  Calhaj Kloter Pertama Sumsel Bebas dari Covid-19
Ilustrasi. Calon jamaah haji kloter pertama embarkasi Palembang menunggu giliran pembagian paspor di Asrama haji Palembang, Sumsel, Sabtu (6/7/2019). Seluruh Calhaj Kloter Pertama Sumsel Bebas dari Covid-19

IHRAM.CO.ID, PALEMBANG -- Sebanyak 450 calon jamaah haji (Calhaj) kelompok terbang (kloter) pertama yang siap diberangkatkan ke Makkah, Arab Saudi melalui Embarkasi Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sabtu (25/6/2022) sekitar pukul 05.35 WIB dipastikan sehat dan bebas Covid-19.

 

Terkait

"Semua JCH kloter pertama asal Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dalam kondisi sehat sesuai dengan pemeriksaan kesehatan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang," kata Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Saefudin, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga

Dia menjelaskan, pemeriksaan calhaj tersebut dilakukan sebelum memasuki asrama haji, sehingga semua yang menginap di asrama haji dipastikan kondisinya sehat dan layak diterbangkan untuk melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji. "Alhamdulillah semua jamaah yang masuk ke asrama haji hari ini dalam keadaan kondisi baik dan negatif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab PCR," ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumsel Syafitri Irwan menjelaskan pada masa haji 1443 Hijriyah/2022 ini pihaknya membagi menjadi sembilan kelompok terbang (kloter) untuk memberangkatkan 3.183 calhaj. Untuk memberangkatkan ribuan calhaj, dua pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) dan 16 petugas haji daerah dijadwalkan pada gelombang kedua antara 25 Juni - 2 Juli 2022.

Selain calhaj asal Sumsel, ia juga memfasilitasi pemberangkatan 486 jamaah calon haji dari Provinsi Bangka Belitung. Seluruh calhaj dari Sumsel dan Bangka Belitung yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi sehari sebelumnya diinapkan di asrama haji Palembang. Untuk menyiapkan penginapan calon haji tersebut, ia telah berkoordinasi dengan manajemen asrama haji dan mereka menyiapkan 278 kamar.

Jamaah calon haji kloter pertama asal Kabupaten OKU Timur tiba di asrama haji embarkasi Palembang, Jumat pagi didampingi Kepala Kemenag Kabupaten setempat Abdul Rosyid. Jamaah kloter pertama itu dijadwalkan dilepas oleh Gubernur Sumsel Herman Deru, Jumat malam ini pada pukul 21.00 WIB.

"Selanjutnya JCH tersebut istirahat kembali di kamar dan akan terbang menuju Bandara King Abdul Aziz Makkah pada pukul 05:35 WIB dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang," kata Kakanwil Kemenag Sumsel.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini