67 Jamaah Haji Dirawat di KKHI Makkah

Kamis , 30 Jun 2022, 05:25 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Seorang petugas kesehatan di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah sedang mengambil darah jamaah haji yang dirawat (Ilustrasi). 67 Jamaah Haji Dirawat di KKHI Makkah
Seorang petugas kesehatan di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah sedang mengambil darah jamaah haji yang dirawat (Ilustrasi). 67 Jamaah Haji Dirawat di KKHI Makkah

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Sebanyak 67 jamaah haji Indonesia menjalani rawat inap di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja (Daker) Makkah.

 

Terkait

"Ini mereka mengalami gangguan jantung dan kita rawat di sini," kata Kepala Seksi Kesehatan KKHI Daker Makkah Muhammad Imran, Rabu (29/6/2022).

Baca Juga

Hingga saat ini, KKHI Makkah sudah merawat 731 jamaah haji dengan 531 orang rawat jalan dan 200 orang dirawat inap. Ia mengatakan dari jumlah anggota jamaah yang dirawat inap tersebut, paling banyak mengidap penyakit jantung.

"Jadi jamaah kita di sini yang setelah melakukan aktivitas fisik mengalami gangguan di jantung dan juga punya riwayat jantung sebelumnya. Ada juga yang memiliki faktor risiko diabetes dan hipertensi," kata Imran.

Selain itu, ada 16 calon haji yang dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi namun enam di antaranya menjalani perawatan, yaitu karena fraktur, strok, dan kanker. Ia menjelaskan jamaah calon haji yang sudah menjalani rawat inap tersebut, mereka dengan risiko tinggi yang berhasil diskrining KHHI.

"Mereka diskrining terlebih dulu di kloter kemudian yang diskrining ini yang perlu dikonsultasikan ke spesialis kita langsung bawa ke KKHI untuk konsul," katanya.

Jika dinilai oleh dokter spesialis bisa kembali ke kloter maka mereka akan rawat jalan, akan tetapi apabila mereka memiliki masalah kesehatan yang berat akan dirawat inap di KKHI sampai dengan kondisinya stabil.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini