Arab Saudi Perkenalkan Dokter Hologram Layani Jamaah Haji

Jumat , 01 Jul 2022, 19:23 WIB Reporter :mgrol135/ Redaktur : Ani Nursalikah
Pintu kedatangan di terminal haji Bandara Amir Mohammed bin Abdulaziz, Madinah, Kamis (27/7/2017). Arab Saudi Perkenalkan Dokter Hologram Layani Jamaah Haji
Pintu kedatangan di terminal haji Bandara Amir Mohammed bin Abdulaziz, Madinah, Kamis (27/7/2017). Arab Saudi Perkenalkan Dokter Hologram Layani Jamaah Haji

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Beberapa hari jelang puncak haji, Arab Saudi siap memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji. Salah satunya adalah memperkenalkan layanan Holodoctor untuk pertama kalinya. Layanan ini bertujuan agar tenaga medis bisa merawat jamaah haji secara virtual.

 

Terkait

Mengutip dari Saudi Press Agency, Arab News melaporkan, layanan ini mencakup inspeksi, diagnosis, dan pencairan obat-obatan melalui kontak langsung dengan Rumah Sakit Virtual Seha pertama Kerajaan di Riyadh. Layanan baru diluncurkan dalam kemitraan dengan Saudi Telecommunications Co.

Baca Juga

Rumah Sakit Virtual Seha akan menyediakan akses 24 jam untuk rontgen. Dilansir About Islam, Kamis (30/6/2022), layanan tersebut juga dapat menangani strok dan situasi medis serius lainnya, sehingga dokter dapat berkomunikasi langsung dengan pasien dan memeriksa semua biomarker.

 

Menurut Arab News, pemberitahuan tersebut muncul di tengah laporan bahwa jumlah total 299.911 peziarah telah tiba dari seluruh dunia. Statistik yang dibagikan oleh Kementerian Haji dan Umrah menunjukkan 241.859 jamaah telah tiba melalui Bandara Internasional Pangeran Mohammed bin Abdulaziz di Madinah. Pusat imigrasi darat juga menerima 45.824 jamaah haji yang tiba di kota melalui jalur lintas batas.

Muslim dari seluruh dunia memadati wilayah Makkah setiap tahun untuk melakukan haji. Haji merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Menurut Kalender Islam, haji dimulai pada tanggal 8 Dzulhijjah dan berakhir pada hari ketiga belas bulan yang sama.

Tujuan utama dari haji adalah untuk memperkuat iman seseorang dan menyucikan dia dari dosa-dosa. Allah (SWT) menyebutkan manfaat haji sebagai: “Agar mereka menyaksikan manfaat bagi diri mereka sendiri dan menyebut nama Allah pada hari-hari yang diketahui atas apa yang telah Dia berikan kepada mereka dari hewan [kurban]. Maka makanlah darinya dan beri makan orang-orang yang sengsara dan miskin.” (QS. Al-Hajj:28)

https://aboutislam.net/muslim-issues/world/saudi-introduces-first-holodoctor-to-serve-hajj-pilgrims/

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini