Adab yang Perlu Diperhatikan Ketika Makan

Sabtu , 02 Jul 2022, 20:30 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Agung Sasongko
Makanan tradisional (ilustrasi)
Makanan tradisional (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, Sebelum makan, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa berikut: 

 

Terkait

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Baca Juga

“Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannaar.”

Artinya: "Ya Allah berikanlah keberkahan apa yang telah engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka."

Selain itu, Rasulullah mengajarkan kepada umatnya dalam berdoa ketika selesai makan. Dalam kitabnya yang berjudul Lawami al-Anwar, Abi Zakariya Muhyiddin Yahya al-Nawawi mengutip hadits riwayat Abi Sa’id al-Khadri bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad SAW ketika selesai makan, membaca doa berikut:

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ المُسْلِمِيْنَ

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan telah memberi kami minum, dan menjadikan kami termasuk orang yang patuh.”

Hadith tersebut dikeluarkan oleh Imam Ahmad, Abu Daud, al-tirmidzi, Ibn Majah dan Imam An-Nasa’i. Tergolong hadith Hasan.

Doa ini seringkali dipraktikkan umat Islam dalam keseharianya untuk selalu bersyukur dan memuji dzat Allah sebagai pemberi rizqi, utama berupa kepatuhan sebagai orang muslim. Lawami’ al-Anwar menjelaskan yang dimaksud dengan kata “menjadikan kami seorang yang patuh (muslim)” karena menjadikannya termasuk orang yang memuji atas nikmat dunia dan akhirat serta nikmat kecil dan besar.

Adapun adab yang perlu diperhatikan ketika makan adalah membasuh kedua tangan dengan air bersih, duduk dengan baik dan sopan di tempat yang telah disediakan, tidak bercanda dan berbicara saat tengah menyantap makanan, menggunakan tangan kanan ketika makan dan minum.

Selain harus embaca doa sebelum dan sesudah makan, makanan dan minuman yang diperoleh dan disantap juga harus halal, bergizi, baik, dan bersih. Kemudian, makan dan minum secukupnya atau tidak berlebihan, makan dan minum dengan tenang serta tidak terburu-buru, jangan makan dan minum sambil berdiri, sebelum menelan kunyahlah makanan hingga halus. Terakhir, bereskan dan bersihkan peralatan makan dan minum.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini