Senin 04 Jul 2022 16:08 WIB

Ridwan Kamil Berhaji, Uu Ruzhanul Ulum Jadi Plh. Gubernur Jawa Barat

Ridwan Kamil menjadi amirul hajj bagi 17 ribu jamaah haji Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas calon jamaah haji kloter 34 asal Jabar, Senin (27/6/2022). Ridwan Kamil Berhaji, Uu Ruzhanul Ulum Jadi Plh. Gubernur Jawa Barat
Foto: Istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas calon jamaah haji kloter 34 asal Jabar, Senin (27/6/2022). Ridwan Kamil Berhaji, Uu Ruzhanul Ulum Jadi Plh. Gubernur Jawa Barat

IHRAM.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengemban jabatan sebagai pelaksana harian atau Plh. Gubernur Jawa Barat selama Ridwan Kamil melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci.

"Saya Plh. ya. Barusan tanda tangan Pak Gubernur sebelum pulang setelah melaksanakan walimatul safar. Kita tanda tangan untuk penerima sebagai Plh.," kata Uu, Senin (4/7/2022).

Baca Juga

Ridwan Kamil berangkat haji ke Tanah Suci sebagai amirulhaj atau pemimpin 17 ribu jamaah haji asal Jawa Barat hari ini. Uu mengatakan tugas sebagai Plh. Gubernur Jawa Barat akan diemban olehnya selama dua pekan ke depan.

"Sampai beliau (Ridwan Kamil) pulang. Kalau tidak salah, dua pekan ya," kata Uu.

 

Ketika ditanyakan apakah ada amanat khusus dari Ridwan Kamil untuk dirinya selama menjabat sebagai Plh. Gubernur Jawa Barat, Uu mengatakan Kang Emil meminta dirinya untuk latihan. "Titipan beliau menyampaikan latihan, ya, Pak Uu. Gitu saja, Itu di forum. Ya, tafsirkan saja latihan apa. Ya, latihan jadi pemimpin," ujar Uu.

Ridwan Kamil rencananya akan berangkat ke Saudi pada awal Juli. Keberadaan Amirul Hajj merupakan ketentuan yang diberlakukan Pemerintah Saudi kepada setiap negara yang mengirimkan jamaah haji.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengungkapkan, menjadi Amirul Hajj merupakan rutinitas kedinasan yang harus dijalani. Namun, untuk tahun ini biaya keberangkatannya ia berikan kepada pendamping haji yang belum pernah berangkat haji.

"Tadinya saya Amirul Hajj lewat dinas tapi saya ikhlaskan, saya kasih ke pendamping haji yang belum pernah berangkat haji," katanya.

Kang Emil akan tetap menjadi Amirul Hajj Jabar, namun seluruh biayanya kini ditanggung oleh Kerajaan Arab Saudi. Kang Emil mendapatkan undangan khusus dari Kerajaan Arab Saudi sebagai tamu.

"Iya, saya dapat rezeki, dikasih gantinya sama Kerajaan Arab Saudi, jadi tamu. Saya sebagai Gubernur akan menggunakan kesempatan ini sekalian mengunjungi jamaah selayaknya Amirul Hajj Jawa Barat," katanya.

Bahkan, istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya dan putrinya Camillia Laetitia Azzahra juga diundang Kerajaan Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. "Yang harusnya saya saja, kerajaan Saudi berbaik hati ngasih ke saya, istri sama Zara. Jadi kami pergi haji dengan keluarga dengan anggaran dari Kerajaan (Arab Saudi)," kata Kang Emil.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement