Rabu 06 Jul 2022 08:35 WIB

Cara Cermat Mengelola Keuangan untuk Berhaji

Ada sejumlah cara cermat dalam mengelola keuangan untuk merencanakan haji.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Bus shalawat untuk jamaah haji (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Bus shalawat untuk jamaah haji (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Anggota Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Hurriyah El-Islamy menjabarkan sejumlah cara cermat dalam mengelola keuangan untuk merencanakan haji. 

"Ada beberapa langkah sebetulnya yang bisa dijadikan pertimbangan untuk merencanakan keuangan berhaji," kata Hurriyah saat dihubungi Republika, Selasa (5/7) malam. 

Baca Juga

Yang paling utama menurutnya adalah adanya niat dan itikad yang kuat seorang individu untuk berhaji. Kedua adalah assessment kemampuan finansial, termasuk sekiranya diperlukan adjustment di sisi tertentu untuk memastikan kemampuan menabung yang optimal. 

Dia juga menekankan bahwa orang yang hendak merencanakan haji kiranya dapat menyisihkan dana menabung untuk setoran awal sesuai hasil assessment finansialnya dan dilakukan secara rutin sesuai pola penerimaan. 

 

"Jadi bisa harian, mingguan atau bulanan," kata dia. 

Dan yang paling penting, dia menekankan, diperlukan konsistensi atau istiqamah. Apabila  ada peningkatan penerimaan, maka baiknya menurut dia ditingkatkan besaran menabung dengan prosentase yang sama dengan sebelumnya. 

Adapun untuk pengelolaan keuangan secara keseluruhan, kata Hurriyah, seorang individu sudah diberikan panduan untuk mengutamakan darurah.  Menyisikan secara rutin kelebihan yang dimilikinya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement