Kamis 07 Jul 2022 14:14 WIB

Panduan Singkat Haji, Apa Saja yang Dilakukan Jamaah? 

Pada tahun ini, ibadah haji akan berlangsung pada 7-12 Juli 2022.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19
Foto:

Panduan Haji 2022

Mengikuti Nabi Muhammad selama 14 abad, para  jamaah haji akan memulai perjalanan mereka dengan melaksanakan Ihram, yang merupakan tindakan suci gabungan Niyyah dan Talbiyah yang diperlukan untuk melakukan haji. Niyyah adalah niat untuk melakukan suatu ibadah, sedangkan Talbiyah adalah doa khusus yang diucapkan dalam permohonan untuk mencapai Ihram.

Setelah memasuki Makkah, jamaah kemudian melakukan tawaf selamat datang, mengelilingi Ka'bah tujuh kali berlawanan arah jarum jam, dimulai dari Hajar Aswad. Mereka kemudian menuju ke bukit Safa dan Marwah, di mana mereka melakukan sai, yaitu bolak-balik antara dua bukit tujuh kali. 

Setelah itu, jamaah kemudian melakukan perjalanan ke Mina, area seluas 20 kilometer persegi yang berada sekitar lima kilometer dari Masjidil Haram Makkah, pada hari kedelapan Dzulhijjah, juga dikenal sebagai Hari Tarwiyah, di mana mereka akan tinggal dan mengisi siang dan malam mereka dengan doa dan permohonan, istirahat dan minum air sebelum perjalanan panjang dan berbahaya mereka.

Pada hari kedua haji, jamaah kemudian melakukan perjalanan ke bukit Arafah, yang jauhnya mencapai 20 kilometer. Hari Arafah adalah hari di mana semua jamaah haji melakukan puncak ritual haji dengan melakukan wukuf di Arafah. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement