Dewan Ulama Arab Saudi Imbau Jamaah Haji Jauhi Tindakan Berselisih

Jumat , 08 Jul 2022, 12:54 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Ani Nursalikah
Jamaah haji beristirahat dan membaca Alquran, kitab suci umat Islam, di kamp tenda Mina selama haji, di Makkah, Arab Saudi, Kamis, 7 Juli 2022. Dewan Ulama Arab Saudi Imbau Jamaah Haji Jauhi Tindakan Berselisih
Jamaah haji beristirahat dan membaca Alquran, kitab suci umat Islam, di kamp tenda Mina selama haji, di Makkah, Arab Saudi, Kamis, 7 Juli 2022. Dewan Ulama Arab Saudi Imbau Jamaah Haji Jauhi Tindakan Berselisih

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Dewan Cendekiawan Senior Arab Saudi meminta jamaah haji menjauh dari segala sesuatu yang menyebabkan perpecahan dan perselisihan. Seruan ini disampaikannya dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada Kamis (7/7/2022).

 

Terkait

 

Baca Juga

Dewan meminta jamaah haji fokus dalam menjalankan ritual haji dan menghindari perselisihan. Dewan mendesak para peziarah untuk memastikan melakukan ritual haji secara ketat sesuai dengan arahan Allah dan Tradisi Rasul-Nya. 

“Hendaknya jamaah haji menjauhi segala dosa dan meninggalkan segala sesuatu yang menimbulkan permusuhan dan kebencian di kalangan umat Islam dalam hal argumentasi dan slogan-slogan yang memancing permusuhan,” kata Sekretariat Jenderal dewan dalam sebuah pernyataan.

 

“Semua kata-kata dan tindakan peziarah harus menjadi panggilan untuk kebaikan, kebenaran, ketakwaan, dan memperluas kerja sama atas dasar itu,” kata dewan itu dilansir dari Saudi Gazette, Jumat (8/7/2022).

Majelis menyeru jamaah haji agar rajin melakukan ritual haji, mengikuti teladan Nabi Muhammad SAW dengan pengabdian kepada Allah semata, dan ketekunan bahwa semua tindakan harus diniatkan hanya kepada Allah SWT, apakah itu doa, permohonan, tawaf, sai' dan semua ibadah lainnya.

Dewan mendesak para peziarah melakukan semua jenis kebaikan, termasuk kata-kata yang baik, nasihat, amal, membimbing yang terhilang, mengajar yang bodoh, dan semua kebaikan lainnya yang akan dibalas oleh Allah. “Allah memerintahkan para peziarah melengkapi dengan segala sesuatu yang akan bermanfaat bagi mereka dalam haji mereka, termasuk bahan makanan, dan buku-buku berguna yang mengajarkan mereka untuk melakukan ritual mereka,” katanya sambil menekankan rezeki terbaik adalah taqwa. 

Dewan mendesak mereka untuk takut hanya kepada Allah dan menjauhi segala sesuatu yang membuat-Nya marah. “Takutlah kepada Allah, dalam hal jamaah haji lain yang bersaudara agar tidak melakukan sesuatu yang merugikan mereka dalam perkataan atau perbuatan,” ujar dewan.

Para ulama mendesak para peziarah untuk bertanya kepada orang-orang yang berilmu tentang masalah apa pun yang mereka ragukan atau perlu penjelasan agar haji mereka sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah dan diperintahkan oleh Nabi SAW. Mereka meminta Tuhan untuk melindungi para peziarah dan membuat haji lebih mudah bagi mereka dan menerima ritual mereka.

 

https://saudigazette.com.sa/article/622712/SAUDI-ARABIA/Council-of-Scholars-urges-pilgrims-to-stay-away-from-divisive-acts

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini