Jumat 08 Jul 2022 17:50 WIB

Khutbah Wukuf Haji Indonesia 2022: Risalah Moderasi Beragama dari Padang Arafah

Wukuf di Arafah merupakan rukun dan inti ibadah haji

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Infografis Wukuf Puncak Haji, Apa yang Dilakukan Jamaah Selama di Arafah? Wukuf di Arafah merupakan rukun dan inti ibadah haji
Foto:

Hadirin dhuyufurrahman yang dimuliakan Allah…

Dalam rangka mewujudkan kehidupan yang harmoni antarsesama, sudah semestinya kita mengedepankan sikap moderat dalam segala hal, wa bil khusus moderat dalam beragama. Moderasi beragama adalah cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan

bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama, yaitu melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemashlahatan umum, berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa. Allah berfirman dalam Alqursn Surah Al Baqarah ayat 143:       

وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُونَ الرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا ۗ وَمَا جَعَلْنَا الْقِبْلَةَ الَّتِي كُنْتَ عَلَيْهَا إِلَّا لِنَعْلَمَ مَنْ يَتَّبِعُ الرَّسُولَ مِمَّنْ يَنْقَلِبُ عَلَىٰ عَقِبَيْهِ ۚ وَإِنْ كَانَتْ لَكَبِيرَةً إِلَّا عَلَى الَّذِينَ هَدَى اللَّهُ ۗ وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُضِيعَ إِيمَانَكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ بِالنَّاسِ لَرَءُوفٌ رَحِيمٌ

"Dan demikian pula Kami telah menjadikan kamu (umat Islam 'umat pertengahan' agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu." 

Moderasi bergama harus terus kita syiarkan ke seluruh penjuru dunia agar peradaban dan perdamaian dunia bisa terwujud. Dari Padang Arafah, mari kita ketuk pintu langit, memohon senantiasa turun rahmat ke muka bumi. Semoga perdamaian dunia bukan hanya mimpi dan toleransi serta saling menghargai selalu bersemi.

Ya Allah Ya Rabbi Dzat Yang Suci, dari tanah dan momentum suci ini, kami berharap senantiasa diberkahi. Dari Padang Arafah yang penuh berkah, kami bersimpuh memohon ridha yang melimpah. Dari momentum haji akbar, kami meminta anugerah-Mu yang agung dan besar.

Dari kami yang lemah tanpa daya di hadapan-Mu, untuk dunia yang damai dalam naungan-Mu.

Ya Allah Ya Aziz, Dzat Yang Perkasa, anugerahkan kasih sayang-Mu pada kami yang terus berharap cinta-Mu. Peliharalah kami dan bumi ini dalam genggaman-Mu yang abadi. Sempurnakanlah keimanan dan ketakwaan kami untuk tetap beribadah kepada-Mu yang suci. Ampunilah dosa-dosa kami, orang tua kami seraya terimalah amal ibadah kami.

Ya Shomadu Ya Ahad, Ya Mujibat Da'awat, karuniakanlah kepada kami haji yang mabrur, sa'i yang penuh syukur, dosa yang terampuni, dan usaha yang makmur.

Ya Allah yang Mengetahui apa yang terkandung dalam sanubari, tunjukkanlah cahaya iman yang suci dan keluarkan kami dari kegelapan hati. Ya Allah, kami mohon keselamatan dalam meniti kehidupan, selamat menuju surga-Mu yang penuh kedamaian.

Ya Allah Dzat yang berhak atas segalanya, hindarkan kami dari siksa api neraka, rengkuhlah kami dalam dekapan-Mu yang penuh dengan pertolongan dan cinta. Ya Allah, kabulkanlah doa kami, Amin!".      

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement