Jaga Jamaah Haji Saat Lontar Jumrah

Ahad , 10 Jul 2022, 07:07 WIB Reporter :Achmad Syalabi Ichsan/ Redaktur : Muhammad Hafil
Jamaah Haji melempar jumrah dengan protokol kesehatan secara ketat, Selasa (20/7). Foto: ilustrasi lontar jumroh saat haji 2021
Jamaah Haji melempar jumrah dengan protokol kesehatan secara ketat, Selasa (20/7). Foto: ilustrasi lontar jumroh saat haji 2021

IHRAM.CO.ID,MAKKAH -- Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) Haji Budi Sylvana meminta kepada petugas kloter, kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) dan tenaga kesehatan haji Indonesia (TKHI) untuk menjaga jamaahnya selama prosesi lontar jumrah. Menurut Budi, banyak jamaah yang tersesat, kelelahan dan dehidrasi saat melontar jumrah Aqaba pada Sabtu (9/7/2022) atau 10 Dzulhijjah.

 

Terkait

"Ini harus kita antisipasi agar tidak semakin banyak jamaah yang tersasar di sepanjang jalur Jamarat,)"ujar Budi kepada tim MCH di Mina, Makkah, Ahad (10/7/2022).

Baca Juga

Menurut Budi, tahun ini tidak ada kendaraan dan kursi roda yang bisa masuk jalur Jamarat sehingga menyulitkan untuk evakuasi. Agar kursi roda bisa masuk Jamarat, pihaknya menyiasati dengan mengisi kursi roda dengan logistik seperti makanan dan minuman.

Menurut dia, ada delapan pos jaga yang ada di sepanjang jalur Jamarat. Empat diantaranya jalur atas sementara empat lainnya berada di jalur bawah. Budi menjelaskan, pihaknya menambah 20 petugas yang akan dibagi menjadi 10 tim. Mereka akan bergerak setiap setengah jam.

"Untuk menyisir jamaah kita yang kelelahan dan tersasar,"jelas dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini