Senin 11 Jul 2022 13:30 WIB

Relawan Bulan Sabit Merah Saudi Bangga Bisa Melayani Jamaah Haji

Melayani jamaah haji menjadi kebangaan bagi relawan.

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Menurut Asosiasi Pramuka Arab Saudi, lebih dari 2.000 sukarelawan telah dikerahkan di sekitar tempat-tempat suci di Makkah untuk membantu jamaah haji dengan arahan dan bimbingan.
Foto: SPA
Menurut Asosiasi Pramuka Arab Saudi, lebih dari 2.000 sukarelawan telah dikerahkan di sekitar tempat-tempat suci di Makkah untuk membantu jamaah haji dengan arahan dan bimbingan.

IHRAM.CO.ID,MINA -- Relawan Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi telah memberikan banyak layanan selama musim haji 1443 H. Mereka juga memiliki banyak tanggung jawab terhadap para peziarah di Makkah.

Para relawan diberi banyak peran dan tugas, termasuk penyediaan layanan rawat jalan, sekaligus meningkatkan kesadaran dan konsultasi, dari kedatangan peziarah ke Makkah sampai kepulangan mereka ke lokasi asal setelah melakukan ritual dengan damai dan nyaman.

Baca Juga

Banyak sukarelawan menyoroti rasa bangga yang mereka rasakan, dalam upaya dan layanan yang diberikan untuk para tamu Tuhan. Hal ini terlihat dalam beragam pemandangan di setiap sudut Makkah dan tempat-tempat suci.

Dilansir di Arab News, Senin (11/7/2022), salah satu relawan Bulan Sabit Merah Saudi di Masjidil Haram, Abdulaziz bin Akil dan Abdullah bin Jentih, mengatakan mereka menjalankan tugas dengan setia bersama rekan-rekan yang bekerja di sektor haji lainnya.

Upaya ini memungkinkan mereka dengan jujur, penuh belas kasih dan penuh kasih, membantu orang tua, orang berkebutuhan khusus  dan orang sakit, yang datang sebagai tanggapan atas panggilan Tuhan, mencari pengampunan, belas kasihan dan penerimaan-Nya.

Petugas ambulans, Ouhoud Al-Maliki, dan rekan-rekannya, Fahima Sindabi, Maha Al-Khalidi dan Shoumoukh Al-Mouwaled, dengan senang hati mengungkapkan perasaan bahagia dan puas karena mampu menyediakan layanan rawat jalan bagi para peziarah.

Mereka juga berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran tentang perlunya mematuhi tindakan pencegahan saat berada di Arafat dan saat melakukan ritual lainnya.

Mereka berupaya mendorong peziarah untuk menghindari panas, baik  akibat paparan sinar matahari, cuaca panas dan berdesak-desakan, saat melakukan ziarah. Hal ini bisa dicapai dengan banyak istirahat, memperbanyak minum dan menggunakan payung.

Orang-orang yang bertugas melayani para peziarah, termasuk relawan di tim Bulan Sabit Merah Saudi, mengatakan mereka memiliki banyak kenangan tentang layanan kemanusiaan, disimpan di antara mereka dan Tuhan dengan harapan bahwa Dia akan membalas mereka.

Para relawan ini berusaha untuk melaksanakan tugas melayani para peziarah dan membantu jamaah menyelesaikan ibadah haji, kapan pun mereka memiliki kesempatan.  

https://www.arabnews.com/node/2120036/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement