Selasa 12 Jul 2022 15:59 WIB

Robot Bagikan Alquran Saat Jamaah Haji Tawaf Wada

Jamaah haji yang tawaf wada dibagikan Alquran oleh robot.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Robot Bagikan Alquran saat Jamaah Haji Tawaf Wada. Foto:  Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi secara resmi memperkenalkan robot pemandu untuk membantu jamaah dan menjawab pertanyaan mereka dalam 11 bahasa.
Foto: About Islam
Robot Bagikan Alquran saat Jamaah Haji Tawaf Wada. Foto: Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi secara resmi memperkenalkan robot pemandu untuk membantu jamaah dan menjawab pertanyaan mereka dalam 11 bahasa.

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci melaporkan pada hari Senin (11/7/2022), Sebuah robot mendistribusikan salinan Alquran kepada para jamaah yang melakukan ritual haji terakhir mereka sebelum meninggalkan Makkah. 

Dilansir dari laman Arab News pada Selasa (12/7/2022), Wakil presiden kepresidenan untuk urusan bimbingan, Sheikh Badr bin Abdullah Al-Furaih menjelaskan, robot menggunakan sistem navigasi otomatis ganda dan memiliki sensor tiga dimensi. Hal ini untuk menghindari tabrakan dengan penghalang dan orang.

Baca Juga

Robot ini memiliki berat 59 kilogram dan dapat membawa beban hingga 40 kilogram. Kecepatannya, yang dapat dikontrol, bervariasi antara 0,5-1,2 per detik, dan dimensinya adalah 565x537x1290 milimeter.

Al-Furaih mengatakan, penggunaan teknologi, aplikasi modern, dan kecerdasan buatan menjadi salah satu prioritas kepala kepresidenan Sheikh Abdulrahman Al-Sudais.

 

Sementara jamaah melempar di Jembatan Jamarat untuk terakhir kalinya pada Senin sebelum kembali ke Masjidil Haram, di mana mereka akan melakukan Tawaf Al-Wada. Tawaf ini dilakukan sebelum jamaah berangkat dari Makkah dan merupakan ritual wajib.

Adapun Pemerintah Arab Saudi membuka pelayanan ibadah haji bagi satu juta orang pada musim haji 1443 Hijriyah/2022 Masehi. Hal ini dilakukan setelah selama dua tahun menerapkan pembatasan ketat untuk mencegah penularan Covid-19.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement