Rabu 13 Jul 2022 16:32 WIB

Enam Kloter Jamaah Haji Pulang ke Tanah Air 15 Juli 2022, Ini Jadwalnya

Setiap jamaah akan mendapat lima liter zamzam di debarkasi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah jamaah calon haji asal Kalimantan Barat embarkasi Batam menunggu waktu keberangkatan di Kapuas Palace, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (15/6/2022). Sebanyak 444 jamaah calon haji asal Kalimantan Barat kloter 1 embarkasi Batam yang telah dinyatakan sehat dan negatif COVID-19 diberangkatkan menuju tanah suci Arab Saudi melalui Bandara Internasional Supadio Kubu Raya. Enam Kloter Jamaah Haji Pulang ke Tanah Air 15 Juli 2022, Ini Jadwalnya
Foto:

Lebih lanjut, Khanif menambahkan akan memulai proses penimbangan koper bagasi jamaah haji Indonesia hari ini. Penimbangan kali pertama akan dilakukan di Hotel Kiswah-Jarwal, tempat jemaah asal Embarkasi Solo (SOC).

“Proses pemeriksaan dan penimbangan dilakukan H-2 dari jadwal keberangkatan jamaah haji Indonesia ke Bandara Jeddah. Hari ini kita mulai penimbangan untuk enam kloter pertama, termasuk di Jarwal untuk jamaah SOC,” lanjutnya.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan berat maksimal koper bagasi sesuai ketentuan, serta tidak ada barang yang dilarang dimasukkan, termasuk air Zamzam. Bersamaan itu, dilakukan proses city check in dan koper bagasi jamaah akan sekalian dibawa. Tak hanya itu, jamaah juga langsung akan mendapatkan boarding pass.

Dengan sistem ini, baik orang maupun barang, ia menyebut jamaah haji Indonesia tidak perlu lagi melakukan proses check in di  bandara. Mereka bisa langsung menuju proses imigrasi dan menuju ruang tunggu.

Menurut Khanif, cara ini dilakukan untuk memudahkan jemaah dalam proses kepulangan. City check in juga dapat dimanfaatkan untuk mempercepat proses pemeriksaan, sehingga jamaah tidak kelelahan.

“Setiap jamaah akan mendapat lima liter Zamzam dan itu dibagikan di Asrama Haji Debarkasi," ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement