Keutamaan Wudhu Sebelum Tidur, Apa Saja?

Rabu , 13 Jul 2022, 22:00 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Berwudhu (ilustrasi)
Berwudhu (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wudhu sebelum tidur adalah sunnah sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW. Salah satu keutamaan berwudhu sebelum tidur adalah orang yang berwudhu sebelum tidur maka malaikat menemaninya dan mendoakan agar dosa hamba tersebut mendapat ampunan dari Allah SWT.

 

Terkait

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Umar RA, Rasulullah SAW bersabda,

Baca Juga

"Siapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa 'Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.'" (HR Ibnu Hibban)

Dalam riwayat lain, dari Muadz bin Jabal RA, Nabi SAW bersabda, "Tidaklah seorang muslim bermalam dalam keadaan berdzikir kepada Allah dan dalam keadaan suci, lalu ia bangun pada suatu malam dan berdoa memohon kebaikan dunia atau akhirat kepada Allah melainkan Allah akan mengabulkan permintaannya." (HR Abu  Dawud)

Berwudhu bagi seorang Muslim memiliki banyak keutamaan. Wudhu membuat seorang Muslim mendapat ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuatnya. Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA.

Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW juga bersabda, "Jika seorang Muslim atau Mukmin berwudhu, lalu membasuh wajahnya, maka keluarlah dari wajahnya setiap dosa akibat pandangan kedua matanya bersamaan dengan air, atau bersama dengan tetesan air terakhir.

Lalu jika ia membasuh kedua tangannya, keluarlah setiap dosa akibat kekerasan yang dilakukan kedua tangannya bersamaan dengan air, atau bersama dengan tetesan air yang terakhir.

Lalu jika ia membasuh kedua kaki, keluarlah setiap dosa akibat langkah kedua kakinya bersamaan dengan air, atau bersama tetesan air terakhir, hingga ia keluar (dari wudhu) bersih dari dosa." (HR Muslim)

 

Sumber: https://www.elbalad.news/5353922

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini