Rabu 13 Jul 2022 21:35 WIB

Jamaah Haji Furoda Inginkan Dana Kembali, Tapi Malah Diancam?  

Kisruh pengembalian dana jamaah haji furoda masih temui jalan buntu

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Jamaah haji furoda (Ilustrasi). Kisruh pengembalian dana jamaah haji furoda masih temui jalan buntu
Foto: Republika
Jamaah haji furoda (Ilustrasi). Kisruh pengembalian dana jamaah haji furoda masih temui jalan buntu

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Pengembalian dana (refund) puluhan jamaah haji furoda Jannah Firdaus yang gagal berangkat ke Tanah Suci tak kunjung menemui kejelasan. Bahkan, calon jamaah furoda mengaku justru mendapat ancaman dari pihak travel tersebut.

Berdasarkan keterangan jamaah, Jannah Firdaus baru-baru ini juga meminta para jamaah menandatangani surat pernyataan untuk menyetujui penahanan setoran sebesar 7.000 dolar AS atau Rp 103 juta. Dana itu akan dikembalikan apabila Jannah Firdaus sudah menemukan jamaah pengganti.

Baca Juga

Salah satu perwakilan jamaah, Muhammad mengatakan, penahanan dana ini tidak tertera dalam perjanjian (MoU) yang disodorkan pihak Jannah Firdaus di awal.

“Pertanyaannya sampai kapan mereka dapat jamaah pengganti? Mereka enggak bisa jawab, intinya sampai mereka dapat," ujar Muhammad kepada wartawan pada Rabu (13/7/2022).

Ketidakjelasan refund bukan hanya satu-satunya masalah yang dihadapi jamaah. Jamaah lainnya asal Makassar, Linda juga diduga mendapatkan ancaman dari Jannah Firdaus karena mengungkap persoalan ini ke awak media melalui pesan WhatsApp.

Dia mengungkapkan bahwa Jannah Firdaus mengancam bakal menunda pencairan refund, bagi jamaah yang berhubungan dengan jurnalis. "Jamaah yang masuk media dapat ancaman," kata Linda.

Namun, Chief executive officer (CEO) Jannah Firdaus, Wael Ahmad membantah telah mengancam penundaan pencairan refund bagi jamaah furoda yang berhubungan dengan jurnalis. “Ancaman seperti apa?...Tidak benar,” ujarnya saat dikonfirmasi Republika.co.id, Senin (11/7/2022) lalu.

Menurut dia, pengembalian dana jamaah furoda yang gagal berangkat saat ini masih dalam proses. “Sudah kita refund untuk beberapa jamaah, Alhamdullah. Sudah proses. Kita hanya fokus kasih yang terbaik untuk tamu-tamu Allah dan umat muslim,” lanjutnya.

Perlu diketahui, menurut dia, jamaah yang bernama Linda itu sudah membatalkan keberangkatan sejak awal, termasuk enam calon jamaah furoda lainnya yang ingin berangkat haji menggunakan jasa Jannah Firdaus. “Antum tahu jamaah itu sudah cancel dari awal. Dan kita ada bukti semua,” ucapnya.

Dia menambahkan, jamaah yang memberikan informasi bohong ke media akan diproses hukum. Hal ini karena, menurut dia, hal itu menyangkut nama baik Jannah Firdaus.

Menurut dia, pihaknya tidak pernah meminta menandatangani surat pernyataan untuk menyetujui penahanan setoran sebesar 7.000 dolar AS atau Rp 103 juta.

“Untuk yang bilang bohong di media kita sudah proses di dalam hukum. Tapi itu tidak benar, enggak ada surat resmi dari Jannah bilang seperti itu,” kata Wael Ahmad.       

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement