Sabtu 16 Jul 2022 00:50 WIB

Jamaah Haji Indonesia Jalani Pengangkatan Tumor Serviks di RS Makkah

Jamaah haji Indonesia itu kini dalam kondisi baik.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Tenaga medis di Rumah Sakit di Makkah, Arab Saudi. Jamaah Haji Indonesia Jalani Pengangkatan Tumor Serviks di RS Makkah
Foto: Reuters
Tenaga medis di Rumah Sakit di Makkah, Arab Saudi. Jamaah Haji Indonesia Jalani Pengangkatan Tumor Serviks di RS Makkah

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kementerian Kesehatan Arab Saudi melaporkan tim medis dari Rumah Sakit Bersalin dan Anak di Makkah berhasil mengangkat tumor besar di bawah rahim jamaah haji Indonesia.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian itu mengatakan, tumor itu terdeteksi setelah wanita berusia 47 tahun itu datang ke ruang gawat darurat karena mengalami pendarahan hebat. Kementerian menambahkan setelah melakukan tes yang diperlukan, ditemukan wanita itu memiliki tumor besar yang tumbuh di leher rahimnya.

Baca Juga

Dia juga menderita anemia akibat pendarahan hebat karena adanya tumor. Jamaah haji Indonesia tersebut kemudian menjalani intervensi bedah cepat untuk mengangkat tumor dan mengganti darah yang hilang.

 

Tim medis di rumah sakit Makkah melakukan operasi mendesak pada jamaah haji untuk mengangkat tumor, yang menjadi penyebab pendarahannya. Tumor berukuran 10 x 15 cm dan berat satu Kg itu menggantung di luar vagina wanita itu.

 

Operasi pengangkatan tumor memakan waktu satu setengah jam. Dia diberi empat unit darah. Kementerian mengatakan kondisi kesehatan jamaah haji Indonesia itu baik setelah operasi.

https://saudigazette.com.sa/article/622948/SAUDI-ARABIA/Surgeons-at-Makkah-hospital-remove-huge-tumor-from-Indonesian-pilgrims-cervix

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement