Ahad 17 Jul 2022 00:15 WIB

Jamaah Haji Berduyun-duyun Kunjungi Masjid Nabawi Sebelum Pulang

Pemkot Madinah siap menyambut jamaah haji yang datang ke Masjid Nabawi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah haji mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah dan menyapa Nabi Muhammad SAW sebelum pulang ke negaranya masing-masing, Sabtu (16/7/2022). Jamaah Haji Berduyun-duyun Kunjungi Masjid Nabawi Sebelum Pulang
Foto: Saudi Gazette
Jamaah haji mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah dan menyapa Nabi Muhammad SAW sebelum pulang ke negaranya masing-masing, Sabtu (16/7/2022). Jamaah Haji Berduyun-duyun Kunjungi Masjid Nabawi Sebelum Pulang

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Beberapa kelompok jamaah haji dari berbagai belahan dunia tiba di Madinah setiap harinya usai melaksanakan puncak haji. Mereka mengunjungi Masjid Nabawi dan menyapa Nabi SAW sebagai tujuan terakhir di Kerajaan, sebelum kembali ke negara asal.

Pascapelaksanaan puncak haji, Pemerintah Kota Madinah telah mempersiapkan diri menerima jamaah haji yang datang dari Makkah. Selama beberapa hari, mereka telah melakukan ritual haji dengan mudah dan nyaman.

Baca Juga

Lembaga dan instansi yang beroperasi dalam Pilgrim Experience Program, serta lembaga layanan dan kesehatan, mulai menerapkan rencana musim pascahaji mereka. Pasukan keamanan lapangan mendampingi jamaah haji di sepanjang Jalan Tol Makkah-Madinah, untuk memastikan arus lalu lintas dan keselamatan mereka.

Dilansir di Saudi Gazette, Sabtu (16/7/2022), aparat keamanan meningkatkan pemantauan otomatis dan manual atau manusia, untuk memastikan kepatuhan kendaraan terhadap peraturan lalu lintas dan tidak melebihi batas kecepatan.

Tak hanya itu, mereka juga mengimbau para pengemudi menjaga keamanan dan keselamatan pemudik. Semua pengaturan dan layanan telah disediakan untuk mengurus jamaah dan pengunjung Masjid Nabawi melalui sistem upaya terpadu.

Di sisi lain, pihak berwenang mengambil semua langkah untuk memfasilitasi pergerakan bus, membawa peziarah ke Masjid Nabawi, memasuki Kota Suci melalui Gerbang Madinah di Jalan Raya Hijrah. Bus yang ada diarahkan menuju titik perbatasan utara Kerajaan melalui jalan tanpa memasuki kota dan dilakukan prosedur pendaftaran bus.

Hampir semua jamaah haji asing dan sebagian jamaah haji domestik tertarik untuk mengunjungi Madinah, sebelum atau setelah menyelesaikan ritual haji. Mereka menyempatkan diri berdoa di Masjid Nabawi, serta menyapa Nabi SAW dan dua sahabatnya, sebelum meninggalkan dua Kota Suci itu.

Bandara Internasional Pangeran Mohammed di Madinah saat ini menyaksikan arus peziarah yang sangat besar. Mereka meninggalkan Madinah menuju tanah air masing-masing setelah mengunjungi Masjid Nabawi dan menyelesaikan ritual haji mereka.

Otoritas terkait dan pemandu layanan haji membuat persiapan dan pengaturan yang rumit untuk transportasi jamaah dari tempat tinggal ke bandara dengan bus jauh, sebelum waktu keberangkatan yang dijadwalkan.

Lebih dari 390 ribu jamaah haji asing telah menyelesaikan kunjungan di Madinah sebelum haji. Ratusan ribu jamaah ini dijadwalkan terbang pulang dari Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah, Pelabuhan Islam Jeddah, maupun titik masuk jalur darat. 

https://saudigazette.com.sa/article/622969/SAUDI-ARABIA/Batches-of-pilgrims-flock-to-Madinah-to-visit-Prophets-Mosque-before-departure

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement