Senin 18 Jul 2022 12:38 WIB

Mobil Golf Bantu Jamaah Haji Lansia di Masjid Nabawi 

Jamaah haji lansia terbantu dengan mobil golf di Masjid Nabawi.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Mobil Golf Bantu Jamaah Haji Lansia di Masjid Nabawi 
Foto: Arab News
Mobil Golf Bantu Jamaah Haji Lansia di Masjid Nabawi 

IHRAM.CO.ID,MADINAH -- Kepresidenan Umum Urusan Masjid Nabawi telah menyiapkan layanan transportasi mobil golf untuk membantu para jamaah lanjut usia (lansia) menikmati fasilitas masjid dengan lebih mudah. Selain itu, disiapkan pula kursa roda bagi para pengunjung yang berkebutuhan khusus. 

Dilansir Arabnews, setiap mobil golf dapat menampung enam orang. Mobil ini dioperasikan oleh 40 karyawan untuk melakukan transfer, yang saat ini rata-rata 800 per hari. 

Baca Juga

Sekitar 5.000 orang per hari mendapat manfaat dari layanan ini, dan 400 kursi roda telah disediakan untuk pengunjung Masjid Nabawi.  Lebih dari 32 ribu orang telah menggunakan layanan mobil golf sejauh ini di musim pasca haji, sementara lebih dari 138 ribu orang menggunakan layanan ini selama musim pra-haji.

Sebuah tim khusus mempersiapkan dan memelihara mobil dan kursi roda setiap hari, juga memasok kursi roda khusus wanita di dua lokasi di halaman barat baru Masjid Nabawi.

 

Statistik dari Kementerian Haji dan Umrah mengungkapkan bahwa hampir 74 ribu jamaah dari berbagai negara tiba di Madinah pada Sabtu (17/7/2022) malam setelah melakukan ibadah haji di Makkah. Menurut statistik, hampir 23 ribu peziarah meninggalkan Madinah setelah haji ke negara masing-masing.

Tidak hanya di Madinah, Pemerintah Arab Saudi juga telah meluncurkan dan mengoperasikan mobil golf untuk melayani jamaah yang masuk kategori lansia dan bekebutuhan khusus di Masjidil Haram Makkah.

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement