Kemenag Lampung Pantau Jamaah Haji 21 Hari Usai Kepulangan

Selasa , 19 Jul 2022, 14:36 WIB Redaktur : Muhammad Hafil
Jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Lampung bersiap memasuki ruang Asrama Haji Lampung, Lampung, Ahad (5/6/2022). Sebanyak 393 jamaah calon haji asal Bandar Lampung tiba di Asrama Haji Lampung dan akan diterbangkan pada Senin (6/6/2022).
Jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Lampung bersiap memasuki ruang Asrama Haji Lampung, Lampung, Ahad (5/6/2022). Sebanyak 393 jamaah calon haji asal Bandar Lampung tiba di Asrama Haji Lampung dan akan diterbangkan pada Senin (6/6/2022).

IHRAM.CO.ID, BANDAR LAMPUNG --Kantor Wilayah Kementerian Agama Lampung mengatakan bahwa jamaah haji akan dipantau kesehatannya selama 21 hari usai kepulangannya menjalankan Ibadah Haji dari Tanah Suci, Arab Saudi.

 

Terkait

"Setelah pulang para jamaah haji ini akan dipantau oleh tim kesehatan selama 21 hari ke depan," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung Ahor Wiwit, di Bandarlampung, Senin.

Baca Juga

Ia pun meminta agar para jamaah haji yang telah pulang nanti aktif memperhatikan kondisi tubuhnya, dan apabila mereka kurang sehat segera melaporkan ataupun menghubungi puskesmas setempat.

"Saya harap kalau ada yang kurang sehat segara lapor atau menghubungi puskesmas terdekat agar mendapatkan perawatan, karena dalam 21 hari ke depan mereka masih dalam pemantauan tim kesehatan," kata dia lagi.Direncanakan sesuai jadwal kepulangan, jamaah haji asal Lampung akan sampai ke provinsi ini pada Senin (18/7/2022) dan akan diturunkan di Asrama Haji.

Dia mengungkapkan bahwa untuk pemeriksaan kesehatan para jamaah akan dilakukan di bandara oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), sehingga sesampainya di Asrama Haji Lampung mereka tidak dilakukan skrining lagi.

"Pemeriksaan kesehatan selesai di Bandara, kalau ada yang sakit berat maka Kantor Kesehatan Pelabuhan akan membawanya ke rumah sakit tapi kalau ringan di istirahatkan di klinik yang ada di Asrama Haji," kata dia.

Ia pun mengungkapkan bahwa Jamaah Haji yang pulang pertama untuk kelompok terbang (Kloter) Lampung adalah jamaah dari Kota Bandarlampung dengan jumlah 392 orang.

"Harusnya ada 393 Jamaah Haji yang pulang pada kloter ini, tapi saya baru dapat informasi bahwa ada satu orang haji yang meninggal dunia saat ingin berangkat ke Bandara di Jeddah," kata dia.

Ia pun mengimbau agar keluarga yang akan menjemput Jamaah Haji dapat memperhatikan saat memarkirkan kendaraan dan tidak membuat kemacetan di Jalan.

"Jadi untuk keluarga yang jemput kami fokuskan di Islamic Center. Jadi setelah masuk ke Asrama Haji, para Jamaah akan keluar melalui gerbang yang menuju Islamic Center, sehingga saya harap keluarga pun tidak memarkir sembarangan dan tidak buat kemacetan karena yang pulangkan banyak," kata dia

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini