Sabtu 23 Jul 2022 17:02 WIB

Menelusuri Titik Petilasan Nabi di Madinah

Banyak titik di kota itu yang menjadi saksi saat Rasulullah hidup

Masjid Nabawi
Foto:

photo
Gunung Uhud - (Achmad Syalaby Ichsan-Republika)

 

 

Lokasi Jabal Uhud berada sekitar 1 kilometer ke arah Utara dari Masjid Syuhada. Untuk menuju kesana, jalannya hanya cukup untuk dua mobil. Di sisi kiri  jalan, sudah berderet perumahan warga lokal. Di kanannya, pagar berlubang terbentang yang memisahkan para peziarah dengan bukit legendaris itu. 

 

Sebelum sampai ke Bukit Uhud, tampak juga sebuah titik petilasan saat kaum musyrikin memburu  Rasulullah SAW. Di titik itu, mereka berhasil mencederai nabi yang mulia.Rasulullah dilempar potongan besi oleh Uthbah bin Abi Waqash sehingga gigi dan pipi beliau patah. Para sahabat kemudian mengungsikan nabi ke sebuah gua di Bukit Uhud. Tampak bekas coran besi yang menutupi gua tersebut. Kami hanya bisa berfoto jauh dari seberang.

 

 

 

photo
Masjid Istirahah - (Rep-Achmad Syalaby Ichsan)
 
 

 

Masjid Istirahah yang juga dikenal sebagai Masjid Bani Haritsah menjadi titik henti kami lainnya. Di masjid ini, nabi menyempatkan diri beristirahat setelah melakoni Perang Uhud.  Penamaan masjid ini berdasarkan suatu riwayat bahwa Rasulullah pernah beristirahat dan sholat di tempat ini ketika pulang dari Perang Uhud. Masjid ini dibangun dan direnovasi kembali pada masa Raja Fahd, dengan corak bangunan memanjang seluas 491 meter persegi. Rumah-rumah penduduk Bani Haritsah berada di samping masjid ini.

 

 
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement