Otoritas Arab Saudi Sebut Kiswah Kabah Akan Diganti Akhir Pekan Ini

Senin , 25 Jul 2022, 23:35 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Ilustrasi penggantian kiswah Kabah. Arab Saudi ganti kiswah Kabah bertepatan dengan awal tahun baru Islam Muharram
Ilustrasi penggantian kiswah Kabah. Arab Saudi ganti kiswah Kabah bertepatan dengan awal tahun baru Islam Muharram

IHRAM.CO.ID, RIYADH– Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci telah mengumumkan kiswah Kabah akan diganti pada akhir pekan ini, atau tepatnya pada Sabtu (30/7/2022).

 

Terkait

Penggantian kiswah atau kain penutup Kabah ini bertepatan dengan awal tahun baru Islam, Muharram. 

Baca Juga

Dilansir dari Arab News, Senin (25/7/2022), sebanyak 166 teknisi dan pengrajin akan ambil bagian dalam kebiasaan tahunan ini yang juga bawah pengawasan kepala kepresidenan Syekh Abdulrahman Al-Sudais. 

Al-Sudais menyoroti perhatian besar yang dilakukan kepemimpinan Arab Saudi untuk menjaga Kabah. 

Sekitar 200 pengrajin dan administrator bekerja di Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Kabah Suci di berbagai bagian.

Termasuk departemen yang menangani pencelupan dan penenunan otomatis, penenunan manual, pencetakan, penjahitan dan perakitan, dan bagian sabuk dan emas Ka'bah.

Departemen jahit menaungi mesin jahit terpanjang di dunia yang memiliki panjang 16 meter dan beroperasi dengan sistem komputer. Kiswah dibuat dengan sekitar 670 kilogram sutra mentah yang diwarnai hitam di kompleks, 120 kilogram kawat emas dan 100 kilogram kawat perak. 

Ahmad Rofi Usmani dalam bukunya 'Makkah dan Madinah' menjelaskan tentang jejak pembuatan kiswah Kabah. Disebutkan, kiswah ini pertama kali dipersiapkan oleh Raja Himyar, Yaman As'ad Abu Karb Al-Humairi. "Saat itu kiswah dibuat dari kulit," katanya. 

Penggantian kiswah juga dilakukan setiap tahun saat akan menyambut musim haji. Penggantian kiswah Ka’bah saat itu juga dipimpin oleh penjaga pintu Ka’bah senior dan  dilakukan pada hari pertama Idul Adha.   

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini