Rabu 27 Jul 2022 13:14 WIB

Umat Diajak Muhasabah Sambut Tahun Baru

Umat Islam diajak evaluasi baik sebagai pribadi, umat beragama dan warga bangsa.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Gedung Kemenag
Foto: dok. Republika
Gedung Kemenag

IHRAM.CO.ID, JAKARTA — Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Prof. Kamaruddin Amin mengajak umat Muslim untuk bermuhasabah dalam menyambut dan mengisi tahun baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah. Ia berharap umat Muslim melakukan evaluasi baik sebagai pribadi maupun sebagai umat beragama dan warga bangsa.  

"Berkaca pada beberapa peristiwa terakhir, sikap dan prilaku keberagamaan sebagian kita sering menjadi sumber kebisingan/kegaduhan di tengah masyarakat. Bahkan tidak jarang agama (tepatnya pemahaman agama) sering dieksploitasi dijadikan alat untuk menyerang orang lain untuk kepentingan tertentu. Mari menjadikan agama sebagai sumber ketenangan, kedamaian bahkan kebahagiaan," kata Prof Kamaruddin melalui layanan pesan singkat kepada Republika,co.id pada Rabu (27/7/2022). 

Baca Juga

Lebih lanjut Prof Kamaruddin menyerukan agar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara mengedepankan sikap saling menghargai dan menghormati. Selain itu toleran terhadap perbedaan, menguatkan komitmen kebangsaan, serta menghindari hal-hal yang berpotensi memecah persatuan. 

"Mari mensyukuri nikmat berupa kemerdekaan, kebhinekaan dengan melakukan yang terbaik untuk bangsa kita. Sebagai umat beragama di negara bangsa yang majemuk kita harus berlomba memanifestasikan nilai-nilai agama yang damai, toleran, saling menghargai dan tentu menjadi warga bangsa yang baik dengan menjaga kerukunan, menghindari ekstrimitas yang dapat mengganggu kedamaian antar dan intra umat beragama," katanya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement