Senin 01 Aug 2022 13:45 WIB

 Saudi Fasilitasi Peziarah yang Ingin Atur Keberangkatan Umroh

Perencanaan keberangkatan umrah ini bisa dilakukan tanpa mediator.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Jamaah Umrah
Foto: Republika/Heri Ruslan
Ilustrasi Jamaah Umrah

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan kemungkinan bagi peziarah luar negeri yang datang ke kerajaan untuk melakukan ibadah umrah atau haji dengan perencanaan sendiri secara elektronik. Perencanaan ini bisa dilakukan tanpa mediator.

Salah satu platform terakreditasi yang bisa digunakan ialah https://maqam.gds.haj.gov.sa/Home/OTAs. Langkah tersebut merupakan bagian dari upaya Saudi memfasilitasi perjalanan jamaah haji ke Saudi dan menjamin pengiriman layanan berkualitas tinggi kepada mereka.

Baca Juga

Seperti dilansir Gulf News, Ahad (31/7/2022), tanggal pelaksanaan ibadah umrah juga dapat dipesan setelah peziarah luar negeri memperoleh visa terkait melalui aplikasi Eatmarna sebagai bagian dari prosedur elektronik yang mudah diakses yang tersedia sepanjang waktu.

Kementerian juga menyampaikan, jamaah dapat mendatangi agen perjalanan terakreditasi di negara asal untuk membeli paket layanan, melengkapi persyaratan untuk penerbitan visa, memesan tanggal untuk melakukan umrah di Masjidil Haram dan sholat di Al Rawdah Al Sharifa di Masjid Nabawi di Madinah.

Daftar agen perjalanan terakreditasi tersedia di tautan yang disediakan oleh kementerian: https://eservices.haj.gov.sa/eservices3/pages/VisaInquiry/SearchVisa.xhtml?dswid=-4283

Musim baru umrah di Arab Saudi dimulai pada Sabtu (30/7) kemarin. Ini menandai dimulainya tahun baru Hijriah Islam. Pihak berwenang di kerajaan telah bersiap untuk musim baru yang diperkirakan akan menarik lebih dari 10 juta Muslim.

"Sehubungan dengan kedatangan jemaah dari luar negeri ke Masjidil Haram, kepresidenan terus melaksanakan pelayanan lapangan sesuai standar yang mempertimbangkan perkembangan terkini dalam pelayanan prima untuk menciptakan  lingkungan ibadah yang aman dan memberikan layanan terbaik kepada para peziarah Masjidil Haram dari seluruh dunia," kata Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci.

Otoritas Saudi telah memulai persiapan untuk memberikan layanan sejak dini, sejalan dengan rencana manajemen kerumunan untuk protokol kesehatan. Termasuk juga menyiapkan Masjidil Haram di Makkah dan halamannya untuk memfasilitasi ritual umrah bagi peziarah dengan mudah dan tenang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement