Ahad 14 Aug 2022 05:35 WIB

Disebut dalam Alquran, Apa Saja Manfaat Buah Delima?

Sebuah penelitian mendapati khasiat buah delima dalam menghambat penuaan.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ani Nursalikah
Buah delima di pohon. Disebut dalam Alquran, Apa Saja Manfaat Buah Delima?
Foto:

Para ilmuwan memulai dengan menguji hipotesis mereka pada tersangka biasa: nematoda C. Patrick menhelaskan, ini adalah subjek tes favorit di antara para ahli penuaan, karena setelah 8-10 hari saja sudah dianggap tua.

"Umur cacing yang terpapar urolitin A meningkat lebih dari 45 persen dibandingkan dengan kelompok kontrol," katanya.

Dia melanjutkan, namun yang perlu dicatat adalah bahwa buah itu sendiri tidak mengandung molekul ajaib. Tetapi, sambung dia, molekil ajaib itu diubah menjadi urolitin A oleh mikroba yang lebih dulu menghuni usus.

Dia melanjutkan, Karena itu jumlah urolitin A yang dihasilkan dapat sangat bervariasi, tergantung pada spesies hewan dan flora yang ada di mikrobioma usus. Beberapa individu tidak menghasilkan sama sekali.

"Jika Anda salah satu yang kurang beruntung, mungkin saja jus delima tidak akan membantu Anda. Namun, bagi mereka yang tidak memiliki mikroba yang tepat di dalam perut mereka, para ilmuwan sudah mencari solusi" katanya.

Sebuah perusahaan yang baru didirikan yakni Amazentis telah mengembangkan metode untuk memberikan dosis urolithin A yang dikalibrasi dengan baik. Perusahaan saat ini sedang melakukan uji klinis pertama yang menguji molekul pada manusia di rumah sakit Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement