Gorontalo Ekspor 500 Ton Gula Semut ke Dubai

Ahad , 14 Aug 2022, 00:43 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Proses pembuatan gula semut. Gorontalo Ekspor 500 Ton Gula Semut ke Dubai
Proses pembuatan gula semut. Gorontalo Ekspor 500 Ton Gula Semut ke Dubai

IHRAM.CO.ID, GORONTALO -- Sebanyak 500 ton gula aren asal Gorontalo diekspor ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Ekspor tersebut dilepas langsung oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer di Kota Gorontalo, Sabtu (13/8/2022).

 

Terkait

Gula semut yang terbuat dari aren diproduksi oleh Kelompok Tani Huyula Desa Dulamayo Selatan, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo. Kelompok tani Binaan UPTD KPH VI Gorontalo itu berada di bawah naungan CV Manembo Aren, selaku investor yang bekerjasama dengan petani setempat.

Baca Juga

Produksi gula aren atau lebih dikenal dengan palm sugar tidak terlepas dari pembinaan, pendampingan dan pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Gorontalo.

Kepala Dinas DLHK Faizal Lamakaraka mengatakan salah satu yang dilakukan adalah membangun rumah produksi gula aren dan mempromosikan dalam berbagai pertemuan nasional dan internasional.

"Beberapa pembeli sudah bekerja sama dengan kami diantaranya PT. Unilever Indonesia, PT. Daemeter Consulting, Steering Committee Tropical Landscapes Finance Facility (TLFF) dan PT. Lotte Mart Indonesia. Ada juga CV. Manembo Aren, CafTemu BSD, Tangerang Selatan, Cokelat Otanahadi Jakarta," katanya.

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer mengatakan berkembangnya usaha gula aren tersebut, menjadi peluang sekaligus tantangan bagi petani nira untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk. "Bekerja sama dengan orang luar itu prinsipnya perlu menjaga kualitas dan meningkatkan kuantitas. Jangan sampai permintaan sudah banyak, produknya asal-asalan. Jangan pernah lakukan itu," kata Hamka.

Ia berharap semakin banyak petani aren yang diberdayakan untuk memenuhi kebutuhan pasar internasional. Menurutnya banyak pohon aren di daerah itu yang belum dimanfaatkan dengan maksimal, karena umumnya warga hanya memanfaatkan nira sebagai minuman arak tradisional dan gula merah.

Gula aren produksi Dulamayo Selatan sudah diekspor ke berbagai negara diantaranya Belanda dan Turki. Gula ini diproduksi dengan dua merek, yakni Aren Go untuk pasar nasional serta Manembo Organik Palm Sugar untuk pasar internasional.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini