Jumat 19 Aug 2022 22:22 WIB

Kemenag Dukung Pembukaan Bandara Kertajati untuk Umrah

Kementerian Agama mendukung rencana membuka kembali Bandara Kertajati.

Petugas melintas di area kedatangan di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (24/3/2020).
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Petugas melintas di area kedatangan di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (24/3/2020).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama mendukung rencana membuka kembali Bandara Kertajati diMajalengka, Jawa Barat, untuk melayani penerbangan embarkasi dan debarkasi umrah pada November 2022.

"Intinya Kemenag mendukung terhadap pembukaan Bandara Kertajati untuk penerbangan umrah," ujar Direktur Umrah dan Haji Khusus Kemenag Nur Arifin di Jakarta, Jumat (19/8/2022).

Baca Juga

Arifin mengatakan Bandara Kertajati dapat melayani jamaah asal Jawa Barat bagian timur dan Jawa Tengah bagian barat. Dengan demikian, masyarakat yang berada di dua wilayah tersebut tidak harus ke Jakarta lagi saat pergi umrah.

Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) juga, kata dia, menyambut rencana dibukanya Bandara Kertajati untuk penerbangan umrah. "Dari sisi biaya, jelas ini akan menjadi lebih ringan. Sebab, mereka tidak harus ke Jakarta untuk naik pesawat. Juga memperpendek perjalanan darat jamaah sehingga diharapkan dapat mengurangi kelelahan mereka," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pesawat dari Bandara Kertajati bisa melakukan penerbangan langsung ke Arab Saudi. Dengan adanya zonasi penerbangan umrah, diproyeksikan ada 40.000 orang pada periode Januari-Mei 2023.

Penerbangan umrah ini dapat meramaikan dan menghidupi Bandara Kertajati yang selama ini lesu. Penerbangan umrah diharapkan dapat membuka pasar penerbangan domestik ke Kertajati, misalnya munculnya rute penerbangan pengumpan dari berbagai daerah.

"Dengan adanya penerbangan umrah ini diharapkan adanya penerbangan feeder dari daerah lain. Seperti Kalimantan-Kertajati-Jeddah, ini membuat Kertajati lebih ramai," kata Budi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement