Kamis 25 Aug 2022 15:03 WIB

Turnamen Catur Makkah untuk Anak-anak Dimulai

Anak-anak disebut akan bertanding catur menggunakan jam tangan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Catur (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/LUKASZ GAGULSKI
Catur (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JEDDAH -- Turnamen catur anak-anak pertama di Makkah dimulai hari ini (25/8/2022). Acara itu diselenggarakan oleh Klub Catur Saudii di King Abdulaziz Sports City.

Sekitar 60 anak-anak, berusia antara 5 dan 12, dari Arab Saudi, Mesir, Suriah, India dan negara-negara lain berpartisipasi dalam turnamen.

Baca Juga

Anak-anak disebut akan bertanding menggunakan jam tangan yang mengikuti sistem Fischer, yang memberikan batas waktu 10 menit.

Dilansir di Arab News, Kamis (25/8/2022), sistem Fischer mengacu pada gaya catur lama di mana bidak-bidak diatur dalam posisi tetap benteng, ksatria, uskup, ratu dan raja.

Federasi Catur Saudi dalam akun Twitter mereka mengunggah jadwal turnamen, yang awalnya dicuitkan oleh Klub Catur Saudi.

Turnamen catur satu akan terdiri dari empat ronde, mulai pukul 19.00 sampai 20:30 waktu setempat. Pemenang akan diumumkan pada pukul 21:00.

Direktur turnamen dan ketua klub, Yasser Al-Otaibi, mengatakan setiap anak yang berpartisipasi akan menerima voucher senilai 100 riyal Saudi. Hal ini sebagai bentuk apresiasi untuk mendukung kecintaan mereka pada permainan catur.

Belajar catur, salah satu permainan papan tertua dan terpopuler, disebut dapat meningkatkan keterampilan akademik, memori, dan kesabaran anak-anak. Permainan ini juga mengembangkan kemampuan mereka untuk fokus, merencanakan masa depan dan memecahkan masalah.

Turnamen Catur Saudi pertama untuk anak-anak, yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Pikiran Saudi, diadakan pada 2017.

Sementara turnamen catur dewasa Saudi pertama diadakan pada tahun 2018, dengan partisipasi 250 pemain pria dan 50 pemain wanita. Federasi Catur Saudi telah menyiapkan hadiah sebesar 125.000 riyal Saudi untuk para pemenang.  

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2149711/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement