Senin 29 Aug 2022 21:35 WIB

Amar bin Thabit, Pahlawan yang Diragukan

Amar bin Thabit awalnya dikenal sebagai seorang yang pembangkang.

Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto:

Kaum Muslimin yang ikut dalam rombongan Perang Uhud tersebut semuanya takjub pada peristiwa ini. Mereka tidak menyangka, orang yang selama ini dicemooh karena tak mau masuk Islam, ternyata sudah masuk Islam tanpa sepengetahuan mereka. Bertambah takjub pula mereka bahwa orang yang selama ini mereka jauhi, gugur secara syahid.

Abu Hurairah RA berkata, memang ada orang yang belum pernah shalat, puasa, dan menjalankan rukun Islam lainnya, tapi orang tersebut bisa masuk surga. Amar bin Thabit contohnya. Meski sebelumnya hatinya sekeras batu, ketika melihat persiapan yang dilakukan Rasulullah dan pasukan perang yang sedang bersiap menghadapi Perang Uhud ia pun terpanggil dan mantap masuk Islam.

Ia menjadi Muslim, lalu maju ke medan perang sebagai mujahid yang berani. Akhirnya, dia tewas dengan mendapat syahadah, yaitu pengakuan sebagai orang yang syahid, mati membela agama Allah di medan perang. Maka, surgalah tempat bagi orang yang memiliki julukan syahid. Rasulullah menjamin surga bagi orang seperti Amar ini.

 

Dalam Alquran surat Ali Imron ayat 169 dan 170 tertulis, "Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki. Mereka dalam keadaan gembira disebabkan karunia Allah yang diberikan-Nya kepada mereka dan mereka bergirang hati terhadap orang-orang yang masih tinggal di belakang yang belum menyusul mereka, bahwa tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Mereka bergirang hati dengan nikmat dan karunia yang besar dari Allah dan bahwa Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang beriman." 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement