Selasa 30 Aug 2022 18:32 WIB

Sejarah Lain Terungkap dari Terowongan Bawah Tanah Masjid Hagia Sophia

Terowongan Hagia Sophia kemungkinan digunakan sebagai gudang.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Terowongan Bawah Tanah Hagia Sophia. Sejarah Lain Terungkap dari Terowongan Bawah Tanah Masjid Hagia Sophia
Foto:

Hagia Sophia terkena air hujan yang tidak terkendali sebelum dibersihkan, katanya, seraya menambahkan bahwa sekitar empat ton puing dan lumpur telah dipindahkan dalam lingkup pekerjaan pembersihan yang dilakukan tahun lalu.

Memperhatikan bahwa ada struktur ruang bawah tanah 2 meter di bawah taman di depan fasad Barat Laut, dia mengatakan ini adalah ruang infrastruktur dari atrium asli Hagia Sophia. Sebagian besar ruang bawah tanah Hagia Sophia dibangun untuk saluran air dan ventilasi, seraya menambahkan bahwa sulit untuk melintasi terowongan karena sempitnya terowongan itu.

"Bahkan bernapas pun tidak mudah di terowongan ini. Ketika Anda memikirkan waktu pembuatannya, kami dapat memahami betapa sulitnya orang bergerak di tempat gelap ini dan tidak mungkin menggunakannya untuk tujuan lain," tuturnya.

"Fakta bahwa terowongan-terowongan itu sangat sulit untuk ditembus membuat "legenda urban" itu jatuh sehingga terowongan-terowongan di bawah Hagia Sophia terbentang hingga Menara Maiden dan bahkan Kepulauan Pangeran berkilo-kilometer jauhnya di Laut Marmara," tambahnya.

Diker percaya pengelompokan struktur di bawah Hagia Sophia kemungkinan digunakan sebagai gudang penyimpanan untuk bahan yang tidak ingin diekspos. “Tempat-tempat ini perlu restorasi serius," ujarnya.

Hagia Sophia berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun dan sebagai museum selama 86 tahun, tetapi dari tahun 1453 hingga 1934, atau hampir 500 tahun, bangunan itu adalah sebuah masjid. Pada tahun 1985, Hagia Sophia ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO. Ini adalah salah satu tujuan wisata utama Turki dan tetap terbuka untuk pengunjung domestik dan asing. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement