Rabu 31 Aug 2022 02:05 WIB

Rufaidah Binti Sa'ad Al-Anshari Pelopor Tenda Perawatan

Keberadaan tenda perawatan pada masa perang sangat besar perannya.

Ilustrasi Sahabat Perempuan Nabi - Muslimah
Foto:

Dalam buku 150 Perempuan Sholikah dikatakan, Aisyah bercerita, saat Perang Khandaq, Saad bin Muadz terkena panah dari Abu Usamah. Rasulullah meminta Rufaidah mendirikan tenda di dekat masjid agar ia mudah dikunjungi.

Imam Ibnu Hajar dalam kitabnya al-Ishabatu fi Tamyizi menulis, ketika Rufaidah melihat panah tertancap di dada Saad, ia menghentikan aliran darahnya terlebih dahulu. Ia membiarkan panah itu tetap menancap di dadanya sebab dia mengetahui teknik pengobatan dengan baik. Jika dicabut, darah akan mengucur dan tak bisa dihentikan. Ini akan mengancam nyawa Saad.

Rufaidah tak hanya melakukan pengobatan selama perang. Ia adalah seorang pekerja sosial yang penuh empati dan mempunyai kemampuan organisasi yang baik. Rumah sakit Rufaidah didirikan di dekat masjid Rasulullah.

Dalam keseharian, ia membantu orang-orang sakit yang membutuhkan pertolongan. Ia juga merawat anak-anak dan membantu anak yatim, kaum difabel, dan orang miskin. Banyak sahabiyah membantu dia. Rufaidah mendidik perempuan yang berminat menjadi perawat. Mereka mengatur tugas jaga menjadi dua sif, siang dan malam.

Rufaidah mengelola sendiri keuangan dengan sistem pengelolaan rumah sakit yang kita kenal hingga sekarang.

Rufaidah memiliki keterampilan medis yang komplet. Kedudukannya sebagai perawat tak diragukan lagi. Namanya terkenal sebagai ahli pengobatan pada masanya. Oleh karena itu, Rasulullah memilihnya untuk merawat Saad.

Rufaidah juga dikenal sebagai sahabiyah yang dermawan. Ia mendanai semua kegiatan medis itu dengan harta pribadi.

Rufaidah menjadi salah satu orang yang mendapat kehormatan dan penghargaan dari Rasulullah SAW. Ia menjadi satu dari beberapa orang yang mendapat kalung dari Rasulullah SAW, sebagai penghargaan kepada para sahabat yang dianggap lebih unggul daripada yang lain. 

Walau masih terbatas, pengalaman Rufaidah menumbuhkan adanya pergeseran kultural dalam memandang peran perempuan sebagai pemimpin di dunia medis. Ia juga mencatatkan unit perawatan mobile untuk memenuhi kebutuhan medis masyarakat. 

 

Nama Rufaidah terus terngiang hingga saat ini. Seperti tertulis di laman Wikipedia, tiap tahun Universitas Bahrain selalu memilih seorang murid untuk menerima penghargaan dalam bidang keperawatan bernama Rufaida al-Aslamia Prize in Nursing.

sumber : Islam Digest
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement